Malaysia Umumkan Temuan Pertama Kasus Corona Omicron

Malaysia Umumkan Temuan Pertama Kasus Corona Omicron

Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin. (Foto: Malaymail)

Kuala Lumpur - Malaysia mengumumkan penemuan pertama kasus Corona Omicron. Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin mengumumkan hal tersebut, Jumat (3/12/2021).

Khairy mengatakan kasus Omicron ini ditemukan setelah serangkaian tes yang dilakukan terhadap 74 orang positif Covid-19 di Bandara Internasional Kuala Lumpur, dari 11 November hingga 28 November.

Baca: Virus Corona Varian Delta Plus dan Omicron Belum Terdeteksi di Kepri

Satu orang pelancong yang terpapar Omicron ini memiliki rekam jejak perjalanan Afrika Selatan yang tiba di Malaysia pada 19 November.

“Kasus ini melibatkan seorang pelancong bukan warga Malaysia berusia 19 tahun, yang datang dari Afrika Selatan melalui Singapura pada 19 November 2021 dan telah menjalani pengujian RT-PCR Covid-19 setibanya di KLIA," kata Khairy dilansir Malaymail.

Ia menambahkan orang yang terpapar Omicron ini merupakan mahasiswi di salah satu universitas swasta di Ipoh, negara bagian Perak.

Khairy mengatakan pasien ini telah menyelesaikan vaksinasi Pfizer dan menjalani karantina 10 hari yang berakhir pada 29 November. Dia tidak menunjukkan gejala selama karantina.

Sebelumnya, Singapura juga mendeteksi dua kasus Omicron yang telah masuk ke negara tersebut.

Baca: Waspada! Varian Corona Omicron Kini Ada di Singapura

Kasusnya terdiri dari pria berusia 44 tahun yang tiba di Singapura dari Mozambik dan transit melalui Johannesburg. Tes pra-keberangkatannya di Mozambik pada 29 November dinyatakan negatif untuk Covid-19.

Kemudian, seorang wanita berusia 41 tahun yang tiba dari Afrika Selatan pada 1 Desember. Tes pra-keberangkatannya di Johannesburg pada 29 November negatif untuk Covid-19.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews