Perdana, Rusia-ASEAN Latihan Militer di Perairan Utara Sumatera

Perdana, Rusia-ASEAN Latihan Militer di Perairan Utara Sumatera

Upacara inspeksi di kapal perusak Rusia Laksamana Panteleyev di perairan Belawan selama latihan yang melibatkan Angkatan Laut Indonesia, Angkatan Laut Rusia dan angkatan laut negara-negara ASEAN di perairan lepas Sumatra Utara, 1 Desember 2021 (Foto: AFP/Koarmada)

Jakarta, Batamnews - Rusia dan negara ASEAN menggelar latihan militer bersama untuk pertama kalinya pada Rabu (1/12/2021). Latihan itu akan digelar hingga Jumat (3/12/2021) di perairan lepas Indonesia di utara Pulau Sumatra.

Upacara pembukaan latihan militer itu dihadiri oleh duta besar Rusia untuk ASEAN, Alexander Ivanov, dan dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobyeva.

"Latihan-latihan militer ini semua tentang menjaga perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara," kata Ivanov seperti dikutip kantor berita TASS.

Baca juga: Kapal Perang China Wara-wiri di Laut Natuna Bikin Takut Nelayan

"Kami membuka lembar baru dalam kemitraan strategis Rusia-ASEAN," paparnya menambahkan.

Kapal perang anti-kapal selam besar Admiral Panteleyev turut serta dalam latihan angkatan laut tersebut. Kapal perang tersebut dikabarkan akan melakukan dua tahap latihan yakni secara virtual dan langsung.

Latihan ini digelar tak lama setelah pertemuan tinggi antara para pemimpin Rusia dan ASEAN pada 28 Oktober lalu. KTT itu bertepatan dengan peringatan 30 tahun kemitraan ASEAN-Rusia.

Dalam KTT itu, ASEAN dan Rusia mengadopsi sejumlah dokumen terkait penguatan dan pengembangan kemitraan strategis. Di KTT itu para pemimpin pun turut menyetujui gelaran latihan angkatan laut Rusia-ASEAN yang pertama ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews