Imbas Varian Omicron

Termasuk Indonesia, 5 Negara ASEAN Larang Masuk Pendatang Afrika

Termasuk Indonesia, 5 Negara ASEAN Larang Masuk Pendatang Afrika

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Berbagai negara berlomba-lomba memperketat perbatasan setelah Covid-19 varian Omicron terdeteksi beberapa waktu lalu di wilayah Afrika. Sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia juga turut melarang pendatang dari Afrika.

Berikut beberapa negara Asia Tenggara yang perketat perbatasan untuk mencegah penyebaran varian Omicron.

1. Indonesia

Pemerintah Indonesia melarang masuk warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal atau berkunjung dari Afrika Selatan untuk sementara waktu. Larangan ini berlaku mulai Senin (29/11/2021), beberapa hari sejak dunia digemparkan dengan kemunculan varian Omicron.

Selain itu, warga asing yang berasal dari Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria juga dilarang masuk.

Tidak hanya itu, Indonesia juga menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, dan beberapa negara lain yang disebutkan sebelumnya.

Walaupun demikian, aturan ini tidak berlaku bagi WNA yang akan mengikuti pertemuan G20 pada 2022 mendatang.

Baca juga: Moderna Siapkan Vaksin Baru Hajar Varian Omicron, Target Siap 2022

2. Singapura

Singapura menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang ikut memperketat perbatasan mereka dalam menghadapi varian Omicron. Singapura melarang pendatang dari tujuh negara di Afrika masuk ke negara itu sejak Sabtu (27/11/2021).

Aturan tersebut berlaku bagi pendatang asing yang memiliki riwayat perjalanan ke Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namina, Afrika Selatan, dan Zimbabwe.

Mereka yang berasal atau memiliki riwayat perjalanan dari tujuh negara itu tak akan diizinkan masuk bahkan transit melalui Singapura.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan aturan pembatasan baru itu akan berlangsung selama satu bulan. Pihak berwenang juga akan terus memantau dan memperpanjang kebijakan itu jika perlu.

 

3. Malaysia

Malaysia melarang masuk pendatang asing dengan riwayat perjalanan dari tujuh negara Afrika untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Pihak berwenang Malaysia mengumumkan larangan ini pada pekan lalu, tak lama setelah Afrika Selatan mengumumkan temuan kasus Covid-19 yang disebut-sebut lebih cepat menular itu.

"Pelancong yang dalam 14 hari belakangan punya riwayat perjalanan ke Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe tak diizinkan masuk Malaysia mulai hari ini," kata Penasihat Menteri Kesehatan Malaysia, Dimishtra Sittampalam, melalui Twitter, Jumat (26/11/2021).

4. Thailand

Thailand memutuskan untuk menutup perjalanan udara dari delapan negara Afrika yang dinilai berisiko tinggi menularkan Covid-19 varian Omicron.

Pejabat Kesehatan Senior Thailand, Opas Karnkawinpong, mengatakan bahwa larangan masuk lewat jalur udara tersebut akan diterapkan pada pelaku perjalanan dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe mulai Desember mendatang.

"Thailand tidak akan mengizinkan pelancong dari negara-negara ini untuk mendaftar dan melakukan perjalanan ke Thailand," kata Opas, Sabtu (27/11/2021), seperti dilansir Reuters.

Baca juga: Ahli: Pemerintah Harus Cepat Cegah Varian Omicron Masuk Indonesia

5. Filipina

Filipina turut memperketat perbatasan mereka untuk merespons kemunculan varian baru Covid-19, Omicron. Filipina melarang masuk pendatang dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Eswatini, dan Mozambik.

Selain itu, Filipina juga menambah beberapa negara di Eropa ke dalam daftar terlarang pada Minggu (28/11/2021). Beberapa negara Eropa yang masuk dalam 'daftar merah' tadi ialah Austria, Ceko, Hungaria, Belanda, Swiss, Belgia, dan Italia.

"Perjalanan masuk internasional semua orang, terlepas dari status vaksinasi, berasal dari atau yang pernah (berkunjung) ke negara/yurisdiksi/wilayah yang termasuk dalam daftar merah selama 14 hari terakhir, sebelum kedatangan ke pelabuhan mana pun di Filipina, tidak akan diizinkan," tutur juru bicara Kepresidenan, Karlo Nograles, seperti dikutip Reuters.

6. Brunei Darussalam

The Star melaporkan bahwa Brunei Darussalam juga ikut memperketat perbatasan mereka terhadap delapan negara di selatan Afrika akibat kemunculan varian Omicron.

Menteri Dalam Negeri Brunei, Pehin Orang Kaya Seri Kerna Dato Seri Setia (Dr) Awang Abu Bakar Apong, mengumumkan pada Sabtu (27/11/2021), pelancong dari Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe dilarang memasuki negara itu.

Kebijakan ini juga berlaku bagi warga yang sebelumnya telah menerima persetujuan untuk masuk ke Brunei. Warga dari delapan negara tadi tetap tidak bisa masuk ke Brunei walaupun sudah mendapatkan izin sebelumnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews