Kapal Perang China Wara-wiri di Laut Natuna Bikin Takut Nelayan

Kapal Perang China Wara-wiri di Laut Natuna Bikin Takut Nelayan

KRI Tjiptadi-381 (kanan) dan KRI Teuku Umar-385 (kiri) mengikuti sailing pass di Laut Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (15/1/2020). (Foto: Antara)

Natuna, Batamnews - Nelayan di Natuna dibuat khawatir dengan keberadaan sejumlah kapal China yang berada di kawasan Laut Natuna Utara. Mereka kemudian memilih menjaga jarak agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Peristiwa itu, terjadi pada 13 September 2021. Nelayan Natuna yang tidak memiliki alat lengkap hanya bisa merekam momen kurang lebih 6 kapal China berada di perairan Indonesia menggunakan ponsel.

Mereka baru bisa melaporkan temuan itu kepada aparat setelah kembali ke daratan 2 hari setelahnya atau 15 September 2021. Salah satu yang mendapat laporan itu adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dari video itu, nelayan melaporkan ada kapal perang China dan sejumlah coast guard China yang wara-wiri. Bahkan. ada satu kapal pengisi BBM yang juga bersiaga di sana.

"Kapal perang China nomor lambung 172 posisi 061219 masih perairan Indonesia, di bujur 1701," tutur nelayan, dilansir batamnews via kumparan, Jumat (17/9/2021).

"Kapal induk dia ada di depan. Satunya lagi kapal coast guard China. Ada 6 buah kapal, kapal induk satu, kapal coast guard 2, kapal BBM satu, kapal perang 2, berarti enam buah," lanjut nelayan.

(fox)