Saudi Buka Pintu Bagi WNI, Jemaah RI Sudah Bisa Umrah Lagi

Saudi Buka Pintu Bagi WNI, Jemaah RI Sudah Bisa Umrah Lagi

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Kementerian Agama memastikan jemaah umrah bisa kembali berangkat setelah otoritas penerbangan Arab Saudi, General Authority of Civil Aviation (GACA) membuka pintu bagi WNI. Terhitung sejak 1 Desember 2021, penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju Arab Saudi.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memastikan bakal memberangkatkan jemaah umrah di Desember 2021. Yaqut menyebut puluhan ribu jemaah tersebut memang sempat tertunda keberangkatannya karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Jemaah Umrah RI Sudah Diizinkan Masuk Saudi, Berikut Syaratnya

"Jemaah umroh yang tertunda keberangkatannya, berdasarkan data yang ada pada sistem informasi pengawasan terpadu umrah dan haji khusus (siskopatuh) sampai saat ini terdapat 59.757 jemaah," kata Yaqut saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR, Selasa (30/11/2021).

Yaqut menyebut sebanyak 18.752 jemaah umrah di antaranya sudah memegang visa sehingga bisa langsung diberangkatkan. Mereka, kata dia bakal diberangkatkan pada Desember 2021 ini.

"Dari jumlah ini terdapat 18.752 orang yang sudah memegang visa dan siap untuk diberangkatkan," katanya.

"Jemaah umroh yang tertunda keberangkatannya menjadi prioritas yang diberangkatkan pada tahap awal dibukanya penyelenggaraan umroh di bulan Desember nanti," lanjut dia.

(ruz)