Ada Tugu Sirih Merah Sarat Makna di Halaman SD Negeri 004 Toapaya

Ada Tugu Sirih Merah Sarat Makna di Halaman SD Negeri 004 Toapaya

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Tamsir bersama Kepala SD Negeri 004, Rita Mardiani meresmikan Tugu Sirih Merah, Rabu (1/12/2021).

Bintan, Batamnews - Di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya di Halaman SD Negeri 004, Jalan Tanjunguban, Km 18, Kampung Mantrus, Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, kini ada Tugu Sirih Merah.

Kehadiran tugu ini diresmikan langsung Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Tamsir bersama Kepala SD Negeri 004, Rita Mardiani, Rabu (1/12/2021).

Kepala Sekolah SDN 004 Toapaya, Rita Mardiani mengatakan, tugu ini dibangun oleh kerjasama para guru-guru. Bahkan demi ikon ini mereka bekerja sampai pukul 22.00 malam.

"Jika pun berganti kepala sekolah. SDN 004 tetap memiliki ikon Sirih Merah," katanya.

Baca juga: Korupsi Insentif Nakes di Bintan Membengkak Jadi Rp 200 Juta, Jaksa Ungkap Modus

Tugu Sirih ini memiliki 5 bagian. Setiap bagian memiliki makna-makna yang berbeda. Terdiri dari daun, lingkaran, rantai emas, batang penyangga, dan tiang 4 pilar.

Untuk daunnya terdiri dari 7 helai melambangkan cinta kasih, semangat, hasrat, emosi yang kuat, lebih maju kedepan, rendah hati, dan memuliakan orang lain.

Lalu 6 lingkaran berbentuk cincin melambangkan Rukun Iman dan rantai emas melambangkan setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan membutuhkan satu sama lain.

Kemudian batang penyangga ada 24 batang yang berarti 24 jam wajib guru SD disini untuk bersinergi mencerdaskan anak bangsa. Kemudian 4 pilar melambangkan pembelajaran pembiasan yang lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca juga: Jaksa Sita HP dan Komputer Usai Geledah Puskesmas Seilekop Bintan

"Ikon Sirih Merah ini juga sudah dikenal kemana-mana. Karena sekolahan ini juga banyak meraih beragam prestasi," bebernya.

Selain tugu, di hari ini juga dilaksanakan tasyakuran hadirnya Ruang Kelas Belajar (RKB) yang baru selesai dibangun melalui APBD 2021. Kemudian pembagian penghargaan dan hadiah untuk para guru dalam rangka peringatan HUT PGRI.

"Kita berharap tahun depan ada pembangunan gedung baru sebanyak 2 gedung. Karena murid disini masih butuh ruangan belajar lagi," ucapnya.

Sementara itu, Kadisdik Bintan, Tamsir mengatakan, Tugu Sirih Merah ini merupakan ikon yang dimiliki SD Negeri 004. Diharapkan sekolahan lainnya juga membuat hal yang sama sehingga setiap sekolahan memiliki ikonnya sendiri.

"Kita apresiasi kepada pihak sekolah SD Negeri 004. Karena tugu ini dibangun oleh pihak sekolahnya sendiri. Pastinya, bisa disesuaikan dengan visi dan misi sekolah nantinya," pungkasnya.

(ary)