Warga Minta Sekolah Tugaskan Satpam Jaga Pintu Masuk SDN 011 Seilekop

Warga Minta Sekolah Tugaskan Satpam Jaga Pintu Masuk SDN 011 Seilekop

Kendaraan melintas di depan SDN 011 Seilekop (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Warga Kelurahan Seilekop dan Gunung Lengkuas menginginkan adanya penjagaan di pintu masuk dan keluar SDN 011 Bintan Timur. Dengan begitu dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas) seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Warga Seilekop, Edi mengatakan, sebaiknya pihak sekolah menepatkan satpam di depan gerbang sekolahan. Tujuan agar dapat mengatur aktivitas masuk dan keluarnya siswa. Baik saat jam masuk sekolah maupun pulang sekolah.

"Dengan adanya penjagaan. Aktivitas untuk para orangtua yang mengantar dan menjemput anaknya bersekolah dapat diatur. Ini juga dapat mengantisipasi terjadi lakalantas," ujar pria paruh baya ini, Selasa (30/11/2021).

SDN 11 Bintan Timur berada di Pinggiran Jalan Nusantara Km 20. Jalan tersebut merupakan jalur yang arus lalulintasnya padat. Dimana banyak lori bahkan fuso bermuatan puluhan ton dari Kijang-Tanjungpinang melalui jalur itu.

Baca juga: Begini Kronologi Avanza Seruduk Gerbang SD dan Ibu-ibu di Bintan

"Seharusnya insiden kecelakaan yang terjadi tempo lalu bisa menjadi atensi bagi pihak sekolah maupun pihak terkait lainnya. Carikan solusi agar kejadian tersebut tidak terulang lagi," jelasnya.

Hal senada dikatakan Rudi. Pria ini juga meminta agar ada penjagaan di depan sekolahan selama aktivitas belajar. Mulai dari masuk dan pulang sekolah.

"Kemarin ibu-ibu dan siswa di sekolah itu yang ditabrak. Kejadian itu saat mau masuk jam sekolah. Dimana para orangtuanya sedang mengantarkan anak-anaknya," kata dia.

Akibat kecelakaan beberapa waktu lalu itu, dua orang ibu-ibu mengalami luka cukup serius. Kemudian siswa berusia 8 tahun mengalami luka dalam.

Baca juga: Avanza Seruduk Gerbang SD di Bintan, Dua Ibu-ibu dan Satu Pelajar Kena Tabrak

"Agar kejadian ini tidak terulang lagi. Sebaiknya ditempatkan penjagaan di depan sekolah. Jika tidak ada dana, kan bisa usulkan ke dewan agar setiap sekolah ada yang jaga. Kalau juga tak digubris bisa minta bantuan ke Satlantas Polres Bintan," sebutnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bintan, AKP Kartijo mengatakan bahwa pihaknya siap membantu mengamankan arus lalulintas selama aktivitas jam sekolah. Baik saat masuk sekolah dan pulang sekolah.

"Bagi sekolah yang memerlukan bantuan untuk penjagaan saat aktivitas masuk dan pulang sekolah kami siap bantu," katanya.

Bagi sekolahan baik ditingkat SD, SMP maupun SMA yang butuh bantuan untuk pengamanan maupun penjagaan jalan bisa memasukan surat permohonan tersebut ke Satlantas Polres Bintan. Meskipun, jumlah anggotanya terbatas demi untuk masyarakat pihaknya tetap akan melaksanakan.

"Tanpa persyaratan apapun hanya masukkan surat permohonan saja ke kami. Pasti langsung kami tindaklanjuti dengan mengerahkan anggota ke lokasi," ucapnya.

(ary)