Realita Boyband Kelas Wahid BTS ke Batam

Realita Boyband Kelas Wahid BTS ke Batam

Salah satu penampakan konser BTS

Batam, Batamnews - Rencana kedatangan boyband asal Korea Selatan, BTS ke Kota Batam jadi perbincangan hangat. BTS merupakan boyband kelas wahid yang punya jutaan penggemar di seluruh dunia.

Pengamat pariwisata Kepri, Mulyadi Tan realistis jika BTS datang untuk perihal komersil.

Baca juga: Kemenkes Respons Keinginan Wali Kota Batam Datangkan BTS

Ketua Asosiasi Pariwisata Nasional  (Asparnas) Kepri itu, mengatakan kondisi Batam saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, jika benar akan diadakan konser, maka menurutnya tentu akan muncul gejolak baru.

"Kita tau, BTS ini punya nama dan popularitas yang besar. Kalau konsernya itu nggak main-main. Dari segi penonton saja sampai puluhan ribu. Belum lagi yang lainnya," kata dia, Rabu (1/12/2021).

Lagipula, jika wacana itu benar terealisasi, ia memprediksi Batam belum akan siap menampung penonton yang akan memadati konser BTS. 

Sebagaimana diketahui, rata-rata konser boyband Korea itu ditonton oleh 40-50 ribu penonton.

Baca juga: BTS Diminta Taat Aturan Karantina Jika Konser di Batam

"Saya kurang tau untuk di Batam ya, dimana venue yang tepat untuk menampung. Tapi jika sampai 50 ribuan penonton susah juga. Itu bukan jumlah yang kecil," kata pria yang akrab disapa Ahi itu.

Namun cukup relalistis jika BTS datang secara komersial. Artinya untuk kerjasama antar negara ataupun setakat 'say hello' kepada para ARMY (fans BTS) di Batam.

Nama besar BTS

 

Beberapa tahun belakangan nama BTS memang lebih tenar ketimbang Maroon 5 hingga Cold Play. Bahkan popularitasnya melebihi boyband legendaris dunia, Westlife.

Ketenaran BTS itupun kerap jadi buah bibir. Mungkin bagi sebagian orang yang pernah menonton konser di Singapura, pasti sudah tidak asing lagi dengan Singapore Indoor Stadium. 

Tempat itu merupakan venue langganan bagi para musisi tersohor kelas dunia untuk mengadakan konser dengan kapasitas 7.300 sampai 7.900 penonton. 

Namun tidak bagi BTS. Saat mengadakan konser World Tour Love Yourself di Singapura pada Januari 2019 lalu, BTS justru menggunakan stadium tersebut hanya sebagai waiting area bagi para pemegang standing ticket alias penonton kelas festival yang harus berdiri selama konser berlangsung.

Mereka mencetak rekor terbaru di Singapura dengan menjadi musisi K-Pop pertama yang mengadakan konser di Singapore National Stadium, yang berkapasitas lebih dari 45 ribu orang.

Merujuk pada konsernya di negara tetangga, apakah Batam sudah termasuk layak untuk mengadakan show BTS yang diperkirakan menampung 40-50 ribu pengunjung?

Namun jika BTS tampil, maka lokasi yang memadai yaitu Stadion Temenggung Abdul Jamal. 

Berdasarkan laman http://ameniti.bpbatam.go.id/ diketahui kapasitas stadion tersebut hanya bisa menampung 2.800 orang. 

Sementara itu, jika dilihat dari penampilan BTS world tour mereka yang bertajuk Love Yourself di Singapura pada 19 Januari 2019, BTS menggunakan Singapore National Stadium, yang berkapasitas lebih dari 45 ribu orang. 

Selain itu BTS baru saja selesai menggelar konser Permission to Dance on Stage - LA selama empat hari. Konser digelar di Stadion SoFi, Inglewood, California yang berkapasitas 70 ribu hingga 100 ribu orang. 

Hal itu membuat sangat tidak mungkin BTS tampil di Stadion Temenggung Abdul Jamal beserta penonton. Karena minat fans BTS yang disebut ARMY sangat tinggi. Setiap konser mereka, tiket bisa terjual dalam hitungan menit. 

Walaupun tiket yang dijual mencapai 50 ribu dengan rentang harga jutaan rupiah, selalu habis terjual. 

Padahal sebelumnya Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, memprediksi jika BTS konser di Batam, maka dapat menghadirkan 50 ribu penonton. 

“(Penonton) datang dari mana saja, dari luar Batam juga pasti ada,” ujar Rudi beberapa waktu lalu. 

Artis luar negeri yang sempat konser di Batam Michael Learns to Rock (MLTR), grup musik pengusung sweet pop asal Denmark sempat melaksanakan konser di Batam pada 15 Desember 2018. Mereka tampil di Radisson Golf and Convention Center Batam.

(jun/ret)