Pengusaha Air Kemasan Salip Jack Ma Jadi Orang Terkaya di China

Pengusaha Air Kemasan Salip Jack Ma Jadi Orang Terkaya di China

Zhong Shanshan (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Pendiri Alibaba, Jack Ma bukan lagi menjadi orang terkaya di Negeri Tirai Bambu. Status sebagai orang terkaya di China itu kini disandang pengusaha air mineral kemasan, Zhong Shanshan.

Zhong menjadi orang terkaya di China pada 2021 versi Forbes. Kekayaan Zhang menyalip pendiri Alibaba Jack Ma yang posisinya turun ke peringkat lima.

Melansir Forbes, Selasa (9/11/2021), harta pendiri dan pemimpin Nongfu Spring ini mencapai US$65,9,07 miliar atau sekitar Rp939 triliun (asumsi kurs Rp14.250 per dolar AS). Angkanya naik dari tahun lalu, US$53,9 miliar, saat Zhong menduduki peringkat ketiga.

Kekayaan Zhong melesat saat Nongfu Spring IPO di Hong Kong Stock Exchange pada September 2020. Kemudian, sekitar seperenam kekayaannya berasal dari perusahaan vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy yang melantai di bursa saham pada April 2020.

Baca juga: Jack Ma Didepak dari Daftar Pengusaha China

Zhong harus berjuang keras untuk menjadi konglomerat. Ia berasal dari keluarga miskin dan putus sekolah sejak SD.

Setelah itu, ia bekerja di bidang konstruksi dan juga pernah bekerja sebagai reporter di salah satu surat kabar. Menambah rentetan pengalamannya, Zhong juga pernah menjadi agen penjual minuman.

Pada 1997, Zhong mendirikan perusahaan pendahulu Nongfu di kampung halamannya, Hangzhou. Perusahaan tersebut, yang dikenal dengan air mineral kemasan, juga menjual minuman kemasan lainnya seperti teh dan jus.

Adapun peringkat kedua orang terkaya China tahun ini diduduki oleh pendiri perusahaan pengembang TikTok ByteDance, Zhang Yiming, dengan nilai kekayaan US$59,4 miliar. Kemudian, petinggi produsen baterai kendaraan listrik Contemporary Amperex Technology Robin Zheng menduduki peringkat ketiga dengan harta US$50,8 miliar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews