Wali Kota Rudi: BTS dan Menteri Korsel Datang ke Batam Januari 2022

Wali Kota Rudi: BTS dan Menteri Korsel Datang ke Batam Januari 2022

Wali Kota Batam Rudi memberikan penjelasan terkait rencana kedatangan Menteri Korsel dengan boyband BTS. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam, Batamnews - Rencana kehadiran Boyband K-POP asal Korea Selatan (Korsel), Bangtan Boys atau lebih dikenal dengan BTS ke Batam, Kepulauan Riau hangat diperbincangkan publik dalam beberapa hari terakhir.

BTS direncanakan hadir sebagai bagian dari kerjasama pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam, dengan konsorsium Angkasa Pura I - Incheon International Airport Corporation (IIAC) - Wijaya Karya yang telah diteken pada Juli 2021 lalu.

Terkini, Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam Muhammad Rudi menegaskan BTS akan hadir di Kota Industri ini pada Januari 2022 mendatang.

Ia menyatakan kedatangan BTS berbarengan dengan para pejabat Negeri Ginseng, terutama Menteri BUMN Korea Selatan.

"Kami sudah bicarakan, rencananya akan datang juga idol dari Korea Selatan, namanya BTS. Pastinya kita akan izin Kapolri dulu, soal biaya tidak ada masalah, tinggal prosedur masuknya saja," ungkap Rudi di depan ratusan tamu yang datang di acara Batam Batik Fashion Week (BBFW), Minggu (29/11/2021) malam.

Sedangkan perkembangan lebih lanjut, Deputi II BP Batam, Enoh Suharto Pranoto, menyebutkan bahwa rencana mendatangkan boyband ini dalam rangka penandatanganan kerjasama antara BP Batam dengan konsorsium Angkasa Pura I (Persero) - Incheon International Airport Corporation (IIAC) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Baca: Icheon Korsel Bakal Garap Bandara Hang Nadim, Boyband K-POP Disebut-sebut

Enoh mengungkapkan, kedatangan Boyband BTS ke Batam ini tentunya membutuhkan waktu dan proses cukup panjang karena kondisi pandemi Covid-19. 

Pasalnya, pada akhir tahun 2021, Indonesia rencananya akan menerapkan PPKM Level 3 jelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Sesuai pembicaraan, kemungkinan baru bisa di awal tahun 2022," ungkap Enoh.

Semula, penandatanganan kerjasama dengan konsorsium direncanakan pada pertengahan Desember 2021 mendatang. Namun, diundur hingga awal Januari 2022. 

Konsorsium ini nantinya akan mengerjakan renovasi dan pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

(ude)