Pembatasan Penerbangan Bikin AirAsia Rugi Rp 3 Triliun Lebih

Pembatasan Penerbangan Bikin AirAsia Rugi Rp 3 Triliun Lebih

Ilustrasi. (Foto: Katadata)

Kuala Lumpur - Pandemi Corona membuat sejumlah maskapai penerbangan merugi. Salah satunya dialami oleh AirAsia Group.

Kerugian maskapai asal Malaysia itu mencapai 887 juta Ringgit atau lebih dari Rp 3 triliun pada kuartal ketiga yang berakhir 30 September 2021.

Angka ini meningkat dari 851,78 juta Ringgit pada periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan juga menyusut 37 persen menjadi 295,9 juta Ringgit atau lebih dari Rp 1 triliun, dari 468,9 juta atau Rp 1,5 triliun.

Penurunan akibat dari pembatasan penerbangan di Malaysia dan Indonesia yang mengakibatkan penurunan penumpang yang dibawa masing-masing sebesar 91 persen dan 79 persen.

Namun, dalam pengajuan ke Bursa Malaysia, AirAsia mengatakan bahwa pendapatan maskapai yang lebih rendah ditopang oleh cabang logistiknya, Teleport, karena pendapatannya pada Q3 2021 telah meningkat tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan teleportasi melonjak menjadi 157,9 juta Ringgit dari 55,67 juta Ringgit sebelumnya dan menyumbang 53 persen dari total pendapatan Q3 2021.

“Grup ini melanjutkan dengan langkah-langkah pengendalian biaya, termasuk ukuran yang tepat dari tenaga kerja dan pemotongan gaji untuk manajemen, staf dan direktur sambil secara aktif mengelola kapasitasnya agar sejalan dengan permintaan untuk segmen penerbangan,” pernyataan AirAsia dikutip dari Bernama, Selasa (23/11/2021).

Sementara itu, Airasia superapp melaporkan pendapatan negatif sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) sebesar RM79,2 juta untuk Q3 2021, terutama didorong oleh biaya investasi untuk mempercepat perluasan ekosistem dan pengembangan teknologi untuk platform pengiriman makanan dan platform terpadu. Cari.

Untuk prospek, AirAsia mengatakan pihaknya memperkirakan momentum penjualan saat ini dan tren pengurangan cashburn akan berlanjut hingga Q4 2021 karena grup berada dalam posisi yang baik untuk melayani permintaan perjalanan liburan yang terpendam.

“Sebagai bagian dari perjalanan transformasi grup untuk menjadi lebih dari sekadar grup penerbangan, grup ini hampir menyelesaikan restrukturisasi pilar bisnis yang berbeda dalam grup dengan manajemen independen.

“Selain industri penerbangan, kami melihat daya tarik dalam bisnis perawatan teknik pesawat kami di bawah Asia Digital Engineering, pengiriman kargo dan last-mile di bawah Teleport, airasia superapp dan Bigpay,” katanya, seraya menambahkan bahwa dewan memperkirakan akan memiliki likuiditas yang cukup untuk mempertahankan operasi bisnis sepanjang tahun 2021 dan 2022.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews