Duh! Tak Cuma Cacing Parasit, Ubur-ubur Juga Serang Pelancong di Pantai Galang

Duh! Tak Cuma Cacing Parasit, Ubur-ubur Juga Serang Pelancong di Pantai Galang

Ilustrasi kaki tersengat ubur-ubur (Foto: via detikcom)

Batam, Batamnews - Kejadian tersengat binatang laut seperti cacing laut dan ubur-ubur di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), beberapa waktu lalu membuat heboh warga.

Sebelumnya, pengalaman menyakitkan itu diposting oleh salah seorang pengguna media sosial bernama Fonxadado Duwee. Dia memperlihatkan telapak kaki seorang pasien diduga dimasuki cacing parasit.

Ia menyebutkan jika pasien mendatangi Puskesmas Sekupang. Tampak telapak kaki pasien tersebut memerah dengan ruam-ruam yang di dalamnya disinyalir ada larva cacing sebagai parasit.

Di hari yang sama, kejadian serupa juga terjadi oleh salah seorang warga Batam yang tersengat oleh ubur-ubur saat berdarmawisata di salah satu pantai di Pulau Galang.

“Iya, ibuk saya kemarin juga kenak sengat ubur-ubur waktu lagi main air di pantai,” ujar Said menceritakan pengalaman ibunya yang terkena sengatan ubur-ubur kepada Batamnews.

Baca juga: Pelancong Diduga Terkena Parasit Cacing Tambang di Pantai Galang

Beruntung ibu Said tidak mengalami sakit yang serius akibat hewan laut yang memang terkenal memiliki bisa tersebut.

“Kondisinya sekarang aman, karena setelah kejadian, ada warga sana yang ngasih pertolongan,” ucapnya.

Dikutip dari hellosehat.com, sekilas ubur-ubur terlihat mirip agar-agar yang tidak berbahaya. Padahal, sengatan ubur-ubur bisa terasa menyakitkan dan menimbulkan reaksi yang mengganggu.

Saat menyengat, ubur-ubur akan melepaskan racun yang kuat ke dalam kulit. Pada kasus tertentu, sengatan hewan laut ini bahkan bisa menyebabkan reaksi alergi serius yang mengancam nyawa.

Bahayanya, keberadaan ubur-ubur sering kali tidak disadari sehingga banyak yang terkena sengatannya saat berenang di laut.

Ketika seseorang mengalami alergi berat, maka beberapa gejala yang mungkin timbul setelah tersengat ubur-ubur adalah sebagai berikut:

• sulit bernapas,
• pusing,
• ruam yang menyebar dengan cepat,
• mual,
• denyut jantung meningkat,
• kejang otot, dan
• penurunan kesadaran.

(ude)