Lulus Seleksi `Cakep`, 30 Guru di Bintan Layak Jadi Kepala Sekolah

Lulus Seleksi `Cakep`, 30 Guru di Bintan Layak Jadi Kepala Sekolah

Kepala Disdik Bintan Tamsir menyerahkan Sertifikat Cakep kepada guru yang lulus seleksi.

Bintan, Batamnews - Sebanyak 30 guru dinyatakan telah lulus dari seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakep) tingkat SD. Mereka akan segera menggantikan posisi kepala sekolah (kepsek) yang telah pensiun maupun meninggal dunia pada 2021 ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Tamsir mengatakan, para guru yang mengikuti seleksi Cakep ada 60 orang. Mereka semua merupakan guru-guru SD yang mengajar di seluruh sekolahan se-Kabupaten Bintan.

"Seleksi Cakep ini merupakan kerjasama antara Disdik Bintan, LPMP Kepri dan LPPKSPS Kemdikbud," ujar Tamsir, Kamis (18/11/2021).

Dari total tersebut, kata Tamsir, sebanyak 30 guru dinyatakan lulus Cakep. Mereka yang telah lulus berhak mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan (STTPL) dan Sertifikat Cakep. Karena berkas-berkas itu merupakan syarat utama untuk bisa duduk sebagai kepala sekolah.

Baca juga: ANBK Siswa SD di Bintan, Tak Semua Pandai Menggunakan Komputer

Selanjutnya mereka akan menjalani fit dan profer test yang dilaksanakan Disdik Bintan. Disitu dapat diketahui visi dan misi atau perubahan apa yang diprogramkan oleh para calon-calon pada saat menjadi kepala sekolah nantinya.

"Rencananya Desember 2021 kita akan lakukan fit and profer test para calon kepala sekolah. Namun jika ada kendala mungkin Januari 2022," jelasnya.

Semua tahapan itu sebagai persiapan bagi mereka untuk menjadi kepala sekolah menggantikan kepala sekolah yang pensiun maupun meninggal dunia. Namun untuk penempatan mereka tidak dilakukan secara sekaligus melainkan secara bertahap.

"Jadi posisi kepsek yang kosong akan digantikan mereka. Tapi bertahap karena masa pensiun para kepsek berbeda-beda," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews