Pertama Kali, Jembatan Penyeberangan Orang Dibangun di Karimun

Pertama Kali, Jembatan Penyeberangan Orang Dibangun di Karimun

Pekerja membuat pondasi untuk Jembatan Penyeberangan Orang di kawasan Kolong, Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Jembatan Penyebarangan Orang (JPO) untuk pertama kali dibangun di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

JPO ini dibangun di Jalan Ahmad Yani, kawasan Kolong, tepatnya depan Kantor Imigrasi Karimun dan Toko Salemba.

Dipilihnya lokasi itu untuk dibangunnya JPO, lantaran disana merupakan jalur yang cukup padat dan ramai oleh kendaraan.

Proses untuk pembangunan telah mulai dilakukan, sejak 16 Oktober 2021, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Karimun.

"Pembangunan itu atas permintaan masyarakat dari tahun lalu. Karena dikawasan itu cukup padat dan ramai kendaraan," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Jumat (19/11/2021).

Ia mengatakan JPO itu baru bisa dibangun lantaran kondisi keuangan daerah sempat mengalami defisit.

"Karena kemampuan keuangan kita terbatas, baru tahun ini bisa terealisasi. Sebenarnya 2 tahun lalu sudah kita anggarkan, namun terpangkas-terpangkas terus. Sama seperti renovasi pasar, yang baru bisa dilakukan pada tahun ini," kata Rafiq.

Untuk diketahui, pengerjaan proyek JPO itu dikerjakan CV Jaris Putra Riau, yang nantinya bakal memiliki tinggi 5,2 meter dengan lebar 22 meter.

Kemudian, JPO ini memang tidak seratus persen rampung pada tahun ini. Masih ada beberapa kelanjutan pekerjaan yang mungkin akan dilaksanakan pada tahun depan.

"Pemanfaatannya tidak hanya untuk penyebrangan saja, nanti kita buat juga hal-hal yang bisa menumbuhkan ekonomi di sekitar JPO itu," ujar Rafiq.

Tampak saat ini proses pengerjaan masih dilakukan. Para kerja memasang tiang untuk pondasi JPO.

(aha)