Kemen-PUPR Kucurkan Rp 19 Miliar Perluas TPA Sememal di Karimun

Kemen-PUPR Kucurkan Rp 19 Miliar Perluas TPA Sememal di Karimun

Kementerian PUPR mengucurkan anggaran Rp 19 miliar perluas TPA Sememal.

Karimun, Batamnews - Luas tempat pembuangan akhir (TPA) di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), bertambah menjadi 94.413 meter persegi (M²). Penambahan luas TPA ini menggunakan dana APBN senilai Rp 19 miliar, lewat Kementerian PUPR.

Pembebasan lahan seluas 64.413 meter persegi yang telah dilakukan sejak 2019 silam, terus dilakukan pembangunan untuk penampungan dan pengelolaan sampah-sampah.

Sehingga, apa yang dulu diminta Bupati Karimun, Aunur Rafiq untuk membangun TPA dapat terlaksana dan kini dapat dioperasikan melaui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karimun.

Hal itu juga ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Kelola TPA Sememal dan serah terima sarana program sanitasi pedesaan padat karya Kabupaten Karimun tahun 2021, di Gedung Nasional, Karimun, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: Pemkab Karimun Ingatkan Sampan Bantuan untuk Nelayan Jangan Dijual

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa pembebasan lahan menjadi salah satu Readiness Criteria (RC), dalam mengajukan permohonan pembangunan peningkatan TPA Sememal melalui dana APBN.

"Alhamdulillah pada tahun 2021 ini melalui BPPW Kepulauan Riau pembangunan peningkatan TPA Sememal terlaksana dan terwujud dengan menggunakan dana APBN senilai Rp 19 miliar," kata Rafiq.

Perluasan yang dilakukan, mengingat kondisi TPA yang menampung sampah-sampah 4 kecamatan di Pulau Karimun Besar tidak sanggup lagi atau over kapasitas.

Setiap tahun, jumlah kapasitas sampah diketahui bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pendatang di Pulau Karimun Besar.

Baca juga: Harga Naik, SBPU Karimun Jual Pertalite Rp 6.850 per Liter

"Dengan telah terlaksananya pembangunan peningkatan TPA Sememal, maka untuk pengelolaannya menjadi tanggungjawab Pemkab Karimun," ujar Rafiq.

Maka, Rafiq menyebutkan bahwa untuk pengelolaan sampah juga harus dilakukan oleh tenaga yang mumpuni dan dapat dioperasionalkan dengan optimal. Sehingga, permasalahan mengenai pengelolaan sampah yang timbul di Karimun dapat segera teratasi.

"Semoga dengan adanya peningkatan TPA, pengelolaan persampahan di Kabupaten Karimun dapat dioperasionalkan secara optimal dan permasalahan persampahan di Kabupaten Karimun segera
teratasi dengan baik," ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kepri, Albert Rheinaldo mengatakan bahwa TPA Sememal Karimun jadi yang pertama dibangun Kementarian PUPR untuk di Provinsi Kepri.

"Kami berharap, Pemda untuk dapat segera mengoperasionalkan TPA Sememal, dan digunakan sebaik-baiknya," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews