Singapura Bahas Perjalanan Wisata ke Bintan dengan Skema VTL

Singapura Bahas Perjalanan Wisata ke Bintan dengan Skema VTL

Pintu kedatangan wisman di Bintan. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Indonesia dan Singapura sepakat membahas pembukaan jalur perjalanan internasional dengan skema vaccinated travel lane (VTL).

Sehari sebelumnya, Singapura mengumumkan bahwa para pelancong dari Indonesia dapat melakukan perjalanan bebas karantina ke jiran itu mulai 29 November 2021.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Singapura, Vivian Balakrishnan di Singapura, Selasa (16/11/2021). 

Mereka membahas kerja sama bilateral, khususnya pengaturan perjalanan yang aman termasuk melalui VTL. "Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan diskusi tentang pengaturan VTL secara bilateral," tulis rilis Kemlu.

Kedua menteri membahas detail penerapan skema perjalanan bebas karantina sepihak yang diberikan Singapura kepada pelancong dari Indonesia secara point-to-point, yaitu dari Jakarta ke Singapura.

Menlu Singapura, Balakrishnan mengatakan, skema tersebut akan diperluas mengingat terus membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia dan tingkat vaksinasi yang lebih tinggi.

Di bawah VTL, pelancong yang memasuki Singapura tidak harus menjalani karantina mandiri. 

Sebagai gantinya, mereka harus dites negatif untuk Covid-19 dua hari sebelum keberangkatan ke Singapura, serta pada saat kedatangan.

Setibanya di Singapura, mereka akan diminta untuk menjalani tes PCR, dan dapat melakukan aktivitas mereka jika hasil tesnya negatif.

Sejak 11 November, wisatawan dapat menyerahkan hasil tes negatif baik dari tes swab PCR atau tes rapid antigen yang diberikan secara profesional.

Vaccinated Travel Passes (VTPs), atau surat perjalanan pelancong tervaksinasi bagi pengunjung jangka pendek dan pemegang izin jangka panjang dari Indonesia akan diterapkan 22 November.

Di lain sisi, saat ini Indonesia masih tetap tertutup untuk perjalanan umum dari Singapura. 

Menteri Perhubungan Singapura, S. Iswaran pada Senin (15/11/2021) berharap Indonesia segera membuka kembali perbatasannya bagi pelancong dari Singapura, mengingat mereka telah membuka perbatasannya untuk pengunjung dari 19 negara.

Sebagai permulaan, akan ada dua penerbangan VTL harian antara Singapura dan Jakarta, dan akan meningkat menjadi empat.

Pada Selasa, kedua menteri luar negeri juga membahas travel bubble yang aman, khususnya dari Singapura ke pulau wisata Indonesia terdekat, yakni Pulau Bintan dengan feri.

Mereka juga membahas rencana sebelumnya antara Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong. Kedua menteri luar negeri juga sepakat untuk menyiapkan hasil pertemuan yang konkrit dan bermanfaat bagi kedua negara.

(gea)