Tiga Pulau di Kecamatan Belakang Padang Dapat Bantuan Genset

Tiga Pulau di Kecamatan Belakang Padang Dapat Bantuan Genset

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat meninjau jaringan listrik rumah warga di Pulau Labun, Senin (15/11/2021). (Foto: ist)

Batam, Batamnews -Tiga pulau di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam mendapat bantuan genset dan pemasangan jaringan listrik. Pemprov Kepri melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalokasikan bantuan itu untuk Pulau Lengkang, Pulau Gare dan Pulau Labon. 

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan  genset yang mereka berikan dapat melayani 296 KK, sesuai jumlah rumah tangga secara keseluruhan di tiga pulau itu. 

"Program Kepri Terang memang telah kita gagas. Maka sekarang saya sedang gencar melengkapi kebutuhan dasar masyarakat terutama kebutuhan akan listrik" ujar Ansar saat meninjau bantuan di Pulau Lengkang, Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakang Padang, Senin (15/11/2021).

Ia mengatakan, kegiatan dinas ESDM ini bersumber dari APBD 2021 yang merupakan lanjutan kegiatan tahun 2020, dengan rincian di Pulau Lengkang, genset kapasitas 100 kVA  dengan jaringan berjumlah 185 rumah tangga, di Pulau Gare, genset kapasitas 50 kVA dengan jaringan  berjumlah 68 rumah tangga, serta Pulau Labon, genset kapasitas 20 kVA dengan jaringan berjumlah 43 rumah tangga.

Selanjutnya operasional genset dan jaringan listrik yang saat ini dikelola oleh Pemprov Kepri akan dikerjasamakan bersama PLN dalam bentuk Kerja Sama Operasional (KSO).

"Jika sudah di KSO kan dengan PLN, biasanya listrik dapat beroperasi selama 14 jam dari yang sekarang hanya 6 jam. Dari segi biaya juga pasti lebih murah. Kemudian nantinya untuk pembiayaan penyambungan baru akan diupayakan melalui dana CSR" jelasnya.

Sejauh ini, Ansar menyebutkan dengan program Kepri Terang, sudah ribuan rumah yang teralisir listri di Kepri. Dengan kerja sama dengan PLN serta penyambungan baru melalui dana CSR dari berbagai perusahaan di Kepri. 

Untuk Tahun Anggaran 2022, Pemprov sudah menganggarkan 3 miliar rupiah untuk mengaliri listrik di 8 pulau dengan penduduk besar di Batam, PLN juga akan membantu di 3 pulau. 

"Jadi ada total 11 pulau yang akan di KSO kan dengan PLN. Harapan kita adalah semua pulau dapat dilayani PLN supaya pembiayaan lebih murah dan pelayanan lebih baik" katanya. 

Camat Belakang Padang, Yudi Admajiyanto menambahkan selama ini tiga pulau tersebut sudah teraliri listrik, yang diusahakan secara swadaya oleh masyarakat itu sendiri.

Namun kemudian masyarakat mengajukan ke Pemerintah Provinsi untuk pengadaan genset. Akhirnya permintaan tersebut dipenuhi. “Genset yang diberikan dikelola oleh koperasi,” ujar Yudi. 

Adapun Pulau Lengkang berada di Kelurahan Sekanak Raya, Pulau Gare di Kelurahan Kasu, dan Pulau Labun berpusat di Kelurahan Pemping.

Akan tetapi dari bantuan tersebut, masih ada beberapa hambatan, seperti masyarakat masih menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) untuk operasional genset, beban pemakaian masih dihitung berdasarkan alat listrik yang dipakai, belum ada meteran. 

“Kemudian titik genset masih jauh, harapannya listrik untuk pulau-pulau tersebut dikelola oleh PLN Batam,” kata dia.

(ret)