Cuaca Buruk, Kapal dari Dabo Tujuan Batam Putar Balik

Cuaca Buruk, Kapal dari Dabo Tujuan Batam Putar Balik

KM Putra Maju gagal berangkat ke Batam karena cuaca buruk (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - Kapal Fery rute Lingga-Batam, gagal berangkat akibat cuaca yang cukup ekstrim, Rabu (10/11/2021).

Seorang penumpang, Romo Paschall mengatakan, KM Putra Maju bertolak dari Pelabuhan Jagoh, Singkep Barat, Lingga menuju Kota Batam, pukul 08.15 WIB.

Sekitar 30 menit di perjalanan, tepat pukul 08.45 WIB, kapal memutuskan putar balik untuk kembali ke arah Pelabuhan Jagoh dan berlabuh di Pulau Penuba, depan Jagoh karena gelombang laut yang sangat tinggi.

Baca juga: BMKG: Waspada Cuaca Buruk di Lingga Sepekan Kedepan

"Kurang lebih 3 jam berlabuh, kapal mencoba berangkat kembali. Sebagian penumpang memutuskan untuk turun dan tidak berangkat, sebagian lagi tetap di kapal melanjutkan perjalanan," kata Romo kepada Batamnews, Rabu (10/11/2021) sore.

Baru berjalan kurang lebih 30 menit, cuaca di perairan semakin buruk, gelombang juga semakin meninggi.

"Semua penumpang panik dan sepakat meminta kapten untuk putar balik dan tidak melanjutkan perjalanan. Kapten kapal putar balik ke Pelabuhan Jagoh," ceritanya.

Setibanya di Pulau Penuba pukul 14.00 WIB, KM Putra Maju tidak bisa berlabuh. Ini dikarenakan kondisi gelombang yang masih tinggi.

"Pukul 14.45 WIB, kapal pindah sandar ke Pelabuhan Jagoh. Jadi batal berangkat hari ini, rencananya besok jam 7.30 WIB baru berangkat dari Pelabuhan Jagoh," pungkas pria yang juga merupakan aktivis kemanusiaan ini.

(ruz)