Pemko Batam Kebut Proyek Fisik, Yumasnur: Target Selesai Akhir Tahun

Pemko Batam Kebut Proyek Fisik, Yumasnur: Target Selesai Akhir Tahun

Bundaran Basecamp, salah satu proyek fisik Pemko Batam yang digesa pengerjaannya. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Seluruh proyek fisik yang dikerjakan Pemerintah Kota Batam sedang digesa menjelang akhir tahun. Proyek tersebut ditargetkan sudah selesai paling lambat pada Desember 2021 mendatang.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM-SDA) Kota Batam, Yumasnur mengatakan hingga saat ini proyek fisik sudah mencapai 80 persen. Salah satunya proyek pengerjaan bundaran di Simpang Basecamp, Sagulung sudah menuju proses pengaspalan.

“Untuk tahap pertama ini, pengaspalan belum dilakukan secara menyeluruh, yang diaspal tahun ini cuma bundarannya saja, yang lainnya akan diaspal tahap berikutnya tahun depan,” ujar Yumasnur, Selasa (9/11/2021).

Ia menjelaskan, pada tahap pertama ini, sesuai dengan target, pengerjaan bundaran akan selesai Desember mendatang. Dan setelah itu, pengguna jalan dapat menikmati bundaran tersebut.

“Diharapkan bundaran tersebut bisa mengatasi kemacetan pada ruas jalan itu,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan hingga November 2021, proses pengerjaan proyek fisik berjalan dengan baik. 

Saat rapat evaluasi beberapa waktu yang lalu dilaporkan semua proyek fisik yang direncakan tidak ada kendala atau yang tertunda pengerjaannya.

"Lancar-lancar saja. Jadi kalau sekarang bulan 11, seluruh pimpinan OPD berkomitmen akan menyelesaikan bobot pekerjaan yang semestinya," ujar Amsakar.

Adapun pengerjaan fisik yang dilakukan pada 2021 ini di antaranya Simpang Tembesi, Simpang Basecamp, pengerjaan lanjutan dari Simpang Kara menuju Kepri Mal, dan berbagai proyek lainnya.

Saat ini, untuk pengerjaan jalan di Simpang Tembesi atau dikenal Simpang Barelang, sudah terbentuk bundaran besar, yang bisa dilalui kendaraan. 

Sedangkan, infrastruktur jalannya untuk sementara dibuat dua lajur kiri dan kanan. Rencananya, di dalam bundaran tersebut akan dibuat air mancur.

"Kalau, Simpang Barelang kita buat bundaran besar di tengah jalannya sudah terbentuk," katanya.

(ret)