Dinkes Minta Masyarakat Perketat Prokes Antisipasi Gelombang III Covid-19

Dinkes Minta Masyarakat Perketat Prokes Antisipasi Gelombang III Covid-19

Ilustrasi

Tanjungpinang, Batamnews - Gelombang ketiga Covid-19 diprediksi terjadi pada Desember 2021 dan Januari 2022. Hal ini bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dengan begitu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang, Elfiana Sandri pun mengajak agar seluruh elemen termasuk masyarakat dapat melakukan upaya antisipasi sejak awal, seperti menggalakkan protokol kesehatan (Prokes) 5M.

"alah satunya membatasi perjalanan atau mobilitas dan menghindari kerumunan. Ini penting dilakukan agar tidak terjadi transmisi," kata dia, Jumat (5/11/2021) kemarin.

Lanjut Kadinkes, Covid ini masih ada di tengah-tengah masyarakat. Mungkin saja tidak muncul gejala sebab sudah mulai terbentuk herd immunity karena sudah divaksin. Kendati demikian, tentu akan fluktuasi tingkat kekebalan tubuh bisa menurun, dan mungkin bergejala. 

Baca juga: Tanjungpinang Mulai Vaksinasi Door to Door, Sediakan 4 Jenis Vaksin

"Artinya, kita harus tetap menjaga diri kita dan orang lain dengan kehati-hatian dan disiplin 5M. Di fasilitas kesehatan tetap siap melakukan tracing, testing, serta pemantauan," ucapnya. 

Sandri menyebut, untuk capaian vaksinasi di Kota Tanjungpinang sudah cukup bagus. Pada kelompok sasaran 18 tahun ke atas untuk dosis satu sudah mencapai 85,95 %, usia 12-17 tahun telah mencapai 89,03 %, dan lansia secara dasboard sudah 75,87 %, sedangkan secara manual 84 %.

"Kemenkes mensyaratkan capaian vaksinasi lansia itu di atas 60 %. Tanjungpinang sudah di atas itu," sebutnya.

Untuk mencapai penyelesaian 100 % target sasaran dosis satu, diharapkan bisa tercapai akhir November ini. Upaya lainnya, pelayanan vaksinasi terus dilakukan di sentra-sentra seperti puskesmas, klinik Urkes Polres, Kartika Denkesyah 01.04.05 Korem 033/ WP, Lanud RHF, dan BK Mako.

"Bahkan, saat ini kita lakukan jemput bola dengan cara door to door. Kita data kelurahan mana saja yang warganya belum divaksin. Kita turun ke sana," ujarnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews