Hati-hati, Ketahui 3 Faktor Penyebab Kanker Prostat

Hati-hati, Ketahui 3 Faktor Penyebab Kanker Prostat

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan mengidap kanker prostat stadium awal. Kanker prostat memang hanya diidap kaum pria dan secara umum menyerang di usia lanjut.

Dokter spesialis urologi, dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K), PhD, dari RS Siloam Hospital Asri menjelaskan bahwa kanker prostat yang terjadi pada mayoritas pria disebabkan oleh tiga faktor.

"Kanker prostat bisa dipicu beberapa faktor, yang pertama dikaitkan dengan usia," katanya dilansir dari detikHealth, Jumat (5/10/2021).

Usia menjadi faktor pertama yang dikaitkan dengan penyakit kanker prostat. "Terbanyak di atas usia 50 tahun. Sangat sedikit kanker prostat pada pasien yang kurang dari 40 atau 50 tahun," lanjut dr Agus.

Baca juga: 4 Obat Tradisional yang Dipercaya Mampu Cegah Kanker Prostat

Meski begitu, dr Agus menegaskan bukan berarti usia muda terbebas dari kemungkinan kanker prostat.

Setelah usia, faktor selanjutnya adalah genetik. Faktor genetik dari ayah, paman, atau kakek bisa jadi penyebab munculnya kanker prostat pada seseorang.

"Kedua ada riwayat keluarga sedarah yang menderita meningkatkan risiko kanker prostat dua kali lebih tinggi," ujar dr Agus

"Ketiga, faktor pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga, kurang istirahat, kelola stres tidak baik, semua itu faktor risiko terjadinya kanker prostat," lanjutnya.

dr Agus menyebut peningkatan kualitas hidup dengan cara menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting. Pola hidup sehat dengan diet seimbang dan rutin berolahraga adalah formula terbaik dalam mencegah risiko terkena kanker prostat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews