Mengenal Efek Samping Vaksinasi Corona untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Mengenal Efek Samping Vaksinasi Corona untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Vaksinasi bagi kalangan anak usia 6 hingga 11 tahun di Batam, Kepulauan Riau bakal dilaksanakan mulai 2022 mendatang.

Vaksinasi ini setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, baik itu CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma, untuk digunakan pada anak usia 6-11 tahun. 

Persetujuan ini diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanannya.

Meski dipastikan aman untuk anak usia 6-11 tahun, namun bagaimana efek sampingnya pada anak? Apakah akan ada Kejadian Pasca-Imunisasi (KIPI) yang perlu dipahami orang tua? Berikut penjelasan lengkapnya, seperti dilansir kumparan, Sabtu (6/11/2021).

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Vicka Farah Diba, M.Sc, Sp.A, sinovac merupakan salah satu vaksin yang memiliki KIPI cukup rendah. 

Sekitar 13 persen pengguna vaksin sinovac, hanya merasakan nyeri atau bengkak lokal di bekas suntikan saja.

“Tidak ada demam, untuk yang sinovac. Jadi persiapannya, kalau memang terjadi nyeri (setelah vaksin) bisa diberi obat sesuai keluhannya,” kata dr. Vicka.

Jika anak mengalami KIPI usai divaksin sinovac, maka siapkan saja obat sesuai gejala. Misalnya sebagai pereda nyeri atau demam, anak bisa minum parasetamol. 

Namun, jika ternyata anak tidak mau minum obat-obatan, maka boleh dikompres di bekas suntikan yang bengkak.

“Boleh diberikan obat nyeri atau kalau nggak suka minum obat, anaknya susah minum obat, ya kompres ya boleh, dikompres bisa, jadi itu bisa menghilangkan bengkak atau nyeri lokal,” jelas dr. Vicka.

Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas PP KIPI), Hindra Satari, juga mengimbau masyarakat untuk tidak ragu melakukan vaksinasi sinovac ke anak 6-11 tahun.

Walaupun memang ditemukan beberapa gejala ringan dan sedang pada anak setelah vaksinasi, seperti nyeri pada bagian tubuh yang disuntik. Akan tetapi, hal itu masih tergolong wajar dan tidak menurunkan tingkat keamanannya.

Apalagi sinovac memiliki daya lindung tinggi pada anak, dalam fase satu adalah 100 persen dan 86,8 persen dari dosis menengah. Sementara di fase dua, terdapat daya lindung sebesar 93 sampai 98 persen untuk dosis rendah dan 98 hingga 100 persen untuk dosis menengah.

“Jadi kesimpulannya, vaksin sinovac pada anak aman dan daya lindungnya tinggi,” kata Prof. Hindra, seperti dikutip dari Antara, Kamis (4/11).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews