Survei Kekebalan Tubuh Warga Batam Terhadap Covid-19, Berikut Hasilnya

Survei Kekebalan Tubuh Warga Batam Terhadap Covid-19, Berikut Hasilnya

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kepulauan Riau (Kepri), melakukan survei herd immunity untuk melihat kekebalan tubuh masyarakat terhadap Covid-19.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, survei tersebut dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam dan melibatkan ahli epidemiologi yang ada di Batam.

"Hasilnya 70,1 persen imun masyarakat Batam ini sudah terbentuk dan 10,4 persen yang masih rentan terhadap Covid-19," kata Amsakar, Selasa (3/11/2021).

Menurut Amsakar, survei ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan Pemko Batam dalam mengambil kebijakan ke depannya.

Baca juga: Survei Kekebalan Tubuh Warga Batam Rampung, Didi: Hasil Keluar Pekan Depan

Khususnya terkait dengan rencana travel bubble atau pembukaan pintu bagi wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Batam.

"Mudah-mudahan dengan hasil survei yang kita lakukan, Pemko Batam tidak salah dalam mengambil kebijakan, karena ini berkaitan dengan kesehatan masyarakat," katanya.

Amsakar mengatakan margin of errors studi tersebut adalah +/- 4,85 persen. Artinya hasil penelitian tersebut bisa turun atau naik sekitarr 4,85 persen.

"Tapi pada intinya secara umum imun masyarakat sudah terbentuk," katanya.

Sementara itu, capaian vaksinasi di Kota Batam saat ini sudah 86,57 persen untuk dosis 1 dan 70,30 persen untuk dosis dua.

Pemko Batam masih terus mendorong masyarakat yang belum vaksin untuk segera melakukan vaksinasi, agar imunitas tubuhnya terbentuk.

(ruz)
Komentar Via Facebook :