Jelang MotoGP Valencia

Rossi Bukan Favorit, Ini Data dan Fakta di Sirkuit MotoGP Valencia

Rossi Bukan Favorit, Ini Data dan Fakta di Sirkuit MotoGP Valencia

Sirkuit Ricardo Tormo Valencia. (foto: ist/cuma1)

BATAMNEWS.CO.ID, Valencia - Race terakhir MotoGP 2015 akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia 8 November nanti. Persaingan perebutan gelar juara dunia menjadi sangat panas.

Keunggulan 7 poin milik Rossi atas pesaingnya Jorge Lorenzo, seperti tak berarti apa-apa lagi. Selain harus start dari posisi paling belakang, Rossi juga ternyata tak memiliki rekor begitu bagus di sirkuit Ricardo Tormo, tempat MotoGP Valencia berlangsung 8 November nanti.

Di sirkut yang memiliki 9 sudut ke kiri dan 5 sudut ke kanan ini, Rossi hanya bisa menjadi juara sebanyak 2 kali, yakni pada 2003 dan 2004.

Pada musim 2003, Rossi yang saat itu menunggangi Honda, berhasil berada di depan Sete Gibernau (Honda) yang harus puas di tempat kedua, dan Loris Capirossi (Ducati) di podium ketiga.

Sementara pada 2004, Rossi yang sudah memakai Yamaha, menjadi yang tercepat di depan Max Biaggi (Honda) dan Troy Bayliss (Ducati). Di dua musim itu, Rossi menjadi juara dunia.

Namun catatan itu sekarang tak ada apa-apanya dibanding torehan milik Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Pedrosa paling jago kalau di Valencia. Tiga catatan kemenangan sudah ditorehkan rider yang dijuluki Si Tuan Nyaris ini, yakni pada 2007, 2009 dan 2012.

Saat Pedrosa menjadi tercepat di tahun 2007, Rossi gagal finis. Ketika Pedrosa naik podium pertama di 2009, Rossi runner up. Sementara saat Pedrosa juara pada 2012, Rossi finis di urutan kesepuluh.

Bagaimana dengan Marquez? Juara bertahan yang baru mengecap kelas MotoGP pada 2013 ini, baru sekali menjadi juara di MotoGP Valencia, yakni pada musim lalu.

Marquez finis pertama dengan catatan waktu 46,39.627. Motor Rossi masuk kemudian, +3.516 setelah Marquez. Pedrosa menyusul di tempat ketiga. Padahal saat itu, Rossi start terdepan. Marquez kelima, Pedrosa ketiga.

Rossi dan fans-nya juga pantas waswas dengan nama Marquez di Valencia nanti. Selain harus memikirkan bagaimana supaya bisa segera di kelompok depan saat balapan, tim Rossi pasti sudah memegang catatan fenomenal seorang Marquez.

Ya, di sirkuit Ricardo Tormo ini Marquez mencatatkan tiga rekor yakni sebagai pemegang fastest lap, pemegang circuit record, dan rekor ketiga adalah best pole yang dia catatkan pada tahun 2013.  

Setidaknya, fakta atau rekor Marquez cukup membuat Rossi, tim dan fansnya waspada jelang balapan di Valencia. Start dari belakang di seri terakhir, selisih poin di klasemen dengan pesaing terdekat Jorge Lorenzo cuma 7, dan harus balapan di tempat yang dikuasai Honda.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews