Deretan Fitur Canggih Toyota Avanza Baru yang Biasanya Ada di Mobil Mahal

Deretan Fitur Canggih Toyota Avanza Baru yang Biasanya Ada di Mobil Mahal

Toyota Avanza baru. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Toyota Avanza generasi terbaru akan naik kelas. MPV dengan julukan mobil sejuta umat itu bakal dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang biasanya ada di mobil-mobil mahal.

Menurut penuturan salah satu tenaga penjual di dealer Toyota di Jakarta, Toyota Avanza generasi terbaru meluncur bulan depan. Bahkan, tenaga penjual itu sudah menerima pemesanan Toyota Avanza generasi terbaru dengan booking fee Rp 5 juta.

Dia membenarkan bahwa Toyota Avanza akan menggunakan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD). Ada pula pilihan transmisi CVT. Selain itu, Avanza akan dibekali fitur-fitur canggih.

Salah satu fitur canggih yang akan disematkan Toyota pada Avanza generasi terbaru ini adalah Toyota Safety Sense (TSS). Di Indonesia, Toyota sudah memperkenalkan sistem TSS ini di Toyota Raize. Sistem TSS pada Toyota Raize meliputi fitur Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor, serta Pedal Missoperation Control.

Fitur TSS dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser. Sistem TSS dirancang untuk mengurangi bahaya saat berkendara. Fitur-fitur itu sebelumnya sudah marak digunakan di mobil-mobil mahal. Tapi, kini Toyota sudah memperkenalkannya di Raize dan akan disematkan untuk Avanza generasi baru.

Pre-Collision System akan memberikan peringatan kepada pengemudi agar tidak terjadi kecelakaan. Peringatan yang diberikan oleh sistem TSS bisa berupa petunjuk di layar panel instrumen, maupun bunyi agar pengemudi sadar akan bahaya.

Selain Pre-Collision System, pada sistem TSS juga ada Lane Departure Alert. Fitur itu memindai garis marka jalan. Melalui sensor laser, pengemudi akan diberi peringatan bila tidak sengaja keluar dari jalurnya. Fitur tersebut akan menjaga mobil tetap di jalurnya. Jika ingin berpindah jalur, maka pengemudi harus menyalakan lampu sein terlebih dahulu.

Dalam paket TSS ada fitur Automatic High-beam yang akan bekerja pada malam hari. Jika sensor laser membaca bahwa di depan minim cahaya, maka sistem akan mengubah pencahayaan dari low beam (lampu dekat) ke high beam (lampu jauh). Kalau ada mobil dari arah berlawanan dan mobil sedang menggunakan high-beam, secara otomatis berubah menjadi low-beam.

Dalam TSS juga ada fitur Road Sign Assist. sensor laser akan menampilkan rambu lalu lintas tertentu pada layar MID di panel instrumen. Jika pengemudi tidak melihat, fitur ini memberi peringatan akan adanya larangan atau batas kecepatan di jalan. Diharapkan fitur ini bisa membuat pengemudi lebih patuh terhadap rambu lalu lintas selama perjalanan.

 

Toyota Safety Sense juga memiliki fitur Adaptive Cruise Control. Berbeda dengan cruise control biasa yang hanya menentukan kecepatan tertentu, Adaptive Cruise Control akan mengikuti dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan tanpa harus menginjak pedal gas atau rem. Fitur ini akan menjaga jarak dengan mobil di depannya.

Dalam paket TSS ada fitur Rear Cross Traffic Alert. Fitur ini untuk mendeteksi adanya kendaraan yang mendekat di belakang ketika mobil tengah mundur keluar dari area parkir. Ditambah lagi ada Blind Spot Monitor yang mengidentifikasi setiap objek di area blind spot mobil menggunakan radar.

Di TSS ada pula fitur Pedal Misoperation Control. Sistem ini untuk mencegah tabrakan depan ketika parkir saat pengemudi salah menginjak pedal gas yang seharusnya menginjak rem.

Tak cuma TSS, fitur yang biasanya ada di mobil mahal dan disematkan di Avanza Veloz generasi baru adalah Electronic Parking Brake (EPB). Fitur ini cukup jarang ditemui di mobil-mobil Toyota yang punya segmen menengah ke bawah atau mobil-mobil di kelas low MPV. Bahkan, Toyota Fortuner pun belum punya fitur EPB ini. Fitur rem tangan elektronik ini bisa dijumpai di mobil-mobil yang tergolong mewah, seperti Toyota C-HR, Toyota Camry, Toyota Alphard dan Corolla Altis.

Secara tampilan, rem tangan elektronik lebih simpel dan modern, tidak seperti parking brake konvensional yang mengandalkan tuas dan tenaga saat ingin mengoperasikannya. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan rem tangan elektronik ini pun cukup mudah, tinggal tekan tombol dengan logo 'P'.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews