Cara Pemko Batam Antisipasi Klaster Penyebaran Covid di Sekolah

Cara Pemko Batam Antisipasi Klaster Penyebaran Covid di Sekolah

Balajar tatap muka. (Foto: ilustrasi/dok.Tanoto Foundation via Kompas)

Batam, Batamnews - Proses pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Batam secara terbatas mulai dilaksanakan pada 21 September 2021. Sampai sejauh ini belum ada ditemukan klaster penyebaran Covid-19 di Sekolah. 

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, seluruh satuan pendidikan di Batam telah melaksanakan PTM, totalnya mencapai 370 satuan pendidikan baik tingkat maupun SMP negeri dan swasta. 

“Alhamdulilah tidak ada klaster, tetap antisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Amsakar, Rabu (27/10/2021). 

Namun pihaknya tetap mewaspadai agar jangan sampai ada klaster penyebaran Covid-19, Amsakar menyampaikan arahan Presiden RI, Joko Widodo juga menyebutkan hal yang sama. 

“Presiden sampaikan langsung dalam pertemuan yang dilaksanakan dengan zoom, bahwa ada dua titik krusial yang mesti diperhatikan, yaitu area kantin dan parkiran sekolah,” katanya. 

Untuk area kantin, Ia menegaskan sampai sejauh ini kantin sekolah di Batam belum beroperasi. Sedangkan untuk area parkiran, Amsakar sudah meminta agar Dinas Pendidikan (Disdik) memperhatikan pengadaan tempat cuci tangan. 

“Saya sudah pesankan betul kepada pak Kadis, agar disiapkan tempat cuci tangan, dan hal itu sudah difollow up ke Sekolah,” katanya. 

Untuk pelaksanaan PTM, Amsakar menyebutkan bahwa hal itu dilakukan secara terbatas, yaitu hanya diisi 50 persen dari total kapasitas.

 

 Selain itu, pembelajaran di tingkat SMP dalam satu jam pelajaran maksimal dilakukan dalam waktu dua jam, sedangkan di tingkat SD maksimal hanya dilakukan dalam waktu satu jam. 

“Selain itu, masih tetap sistem shift, setelah shift pertama selesai, maka dilanjutkan shift kedua pada hari yang sama,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews