Sambangi ORI Kepri, Imigrasi Batam Kenalkan Ragam Inovasi Layanan

Sambangi ORI Kepri, Imigrasi Batam Kenalkan Ragam Inovasi Layanan

Jajaran Imigrasi Batam bertandang ke Kantor Ombudsman Perwakilan Kepri. (Foto: ist/batamnews)

Batam, Batamnews - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam membuat beragam inovasi untuk memudahkan pelayanan bagi warga. 

Sejumlah inovasi layanan itu diantaranya adalah e-Clearance, e-Arrival Card dan Si Balon (aplikasi BAP Online).

Imigrasi Batam pun memaparkan keunggulan layanan itu saat mengunjungi Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Kepri, pada Senin (25/10/2021).

Kepala Seksi Pemeriksaan III Imigrasi Batam, Muchsin Miralza mengatakan, e-Clearance merupakan inovasi yang berguna untuk memudahkan pengurusan penyelesaian keimigrasian bagi kapal yang datang maupun keluar dari Batam.

"Lewat e-Clearance, penanggung jawab alat angkut dapat menyampaikan informasi kedatangan atau keberangkatannya secara online dan dapat diselesaikan secara online juga," katanya.

Sementara, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Tessa Harumdilla menjelaskan, e-Arrival Card yang diluncurkan pada pertengahan 2021 itu berguna untuk memantau keberadaan dan kegiatan orang asing yang masuk ke Batam.

Inovasi tersebut sudah diterapkan di Pelabuhan Batam Centre dan Pelabuhan Harbour Bay. 

"Setiap warga negara asing yang datang ke Indonesia dapat mengisi e-Arrival Card secara elektronik dengan cara mengisi biodata, tujuan kedatangan, serta lokasi tempat tinggal selama keberadaannya di Batam," ujar Tessa.

Di sisi lain, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Ricky Rachmawan memaparkan sistem BAP Online. 

Katanya, BAP merupakan proses yang perlu dilakukan saat ada kehilangan, kerusakan atau adanya perubahan data pada paspor.

"Proses yang biasanya dilakukan di Kantor Imigrasi sekarang dapat dilakukan secara online dengan menggunakan media online meeting," ujar dia.

Menyikapi hal itu, Kepala ORI Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari mengapresiasi terobosan yang dibuat oleh pihak Imigrasi yang berorientasi penuh pada kemudahan pelayanan keimigrasian.

"Semoga Imigrasi Batam terus meningkatkan pengawasannya terhadap keberadaan serta kegiatan orang asing di Batam. Dan juga mengantisipasi persiapan kedatangan orang asing pasca-pandemi Covid-19," kata Lagat.

Dalam pertemuan tersebut, tampak hadir pula Kepala Kantor Imigrasi Batam, I Ismoyo beserta jajaran dari Imigrasi maupun ORI Kepri.
 

(jun)
Komentar Via Facebook :