7 Kekalahan Sadis yang Diderita Ronaldo

7 Kekalahan Sadis yang Diderita Ronaldo

Cristiano Ronaldo sudah pernah merasakan kekalahan sadis di Man Utd. (Foto: Reuters)

Batam, Batamnews - Kekalahan Manchester United dari Liverpool menjadi salah satu noda dalam karier Cristiano Ronaldo yang identik dengan prestasi dan trofi.

Ronaldo yang tampil dalam laga melawan Liverpool di Old Trafford, Minggu (24/10/2021), tidak bisa berbuat banyak. Tidak ada gol yang dilesakkan, hanya peluang yang terbuang.

Dalam karier Ronaldo, bukan kali ini saja menelan kekalahan terburuk. Pemain 36 tahun itu pernah merasakan skor telak dan pulang dengan tangan hampa.

Di level klub, kekalahan sadis pernah dialami Ronaldo saat membela Man Utd dan Real Madrid baik di ajang liga lokal maupun Liga Champions. Selain itu, di timnas Portugal, Ronaldo pun pernah merasakan getir kekalahan.

Berikut 7 kekalahan sadis yang pernah diderita Ronaldo:

1. Man Utd 0-5 Liverpool (Liga Inggris 2021/2022)

Kembali datang membela Manchester Merah, Ronaldo membuktikan sebagai penyelamat di beberapa kesempatan. Namun saat menghadapi Liverpool pada pekan kesembilan, Ronaldo tak kuasa menolong The Red Devils.

Naby Keita dan Diogo Jota masing-masing menyumbang satu gol, sementara Mohamed Salah melesakkan hattrick ke gawang David De Gea.

Ronaldo yang bermain selama 90 menit hanya mendapat satu kartu kuning lantaran melakukan aksi pelanggaran terhadap Curtis Jones.

2. Barcelona 5-0 Real Madrid (Liga Spanyol 2010/2011)

Perseteruan Barcelona dan Real Madrid sedang hangat-hangatnya. Bumbu Messi vs Ronaldo pun jadi salah satu penyedap. Dalam pertandingan di Stadion Camp Nou, 29 November 2010, Ronaldo harus mengakui keunggulan Blaugrana.

David Villa memborong dua gol, selain itu Pedro, Xavi dan Jeffren masing-masing menyumbang satu gol.

Kemenangan tersebut menjadi salah satu penyumbang angka penting Barcelona yang tampil sebagai juara pada akhir musim dengan 96 poin, atau hanya unggul empat poin atas Madrid.

 

3. Real Madrid 0-4 Barcelona (Liga Spanyol 2015/2016)

Tak cuma sekali Ronaldo merasakan kekalahan telak dari Barcelona. Lima musim berselang setelah digulung Pep Guardiola dan anak asuhnya, Ronaldo dan Madrid kembali kalah dan kebobolan banyak saat bertemu di laga El Clasico.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, 21 November 2015, Los Blancos tak kuasa mengadang gempuran Barcelona yang dikomando Andres Iniesta. Luis Suarez mencetak dua gol, sementara Neymar dan Iniesta menceploskan satu gol.

Pada akhir musim, Barcelona menjadi juara dengan mengumpulkan 91 poin. Sementara Madrid di peringkat kedua dengan 90 poin.

4. Atletico Madrid 4-0 Real Madrid (Liga Spanyol 2014/2015)

Selain kalah telak dari Barcelona, Ronaldo dan Madrid juga pernah dipermalukan Atletico dalam derby Madrid. Perburuan Madrid mengincar gelar juara La Liga Spanyol dirusak kekalahan telak dari Los Colchoneros.

Madrid yang datang dengan skuad terbaik ke Stadion Vicente Calderon pulang menanggung malu lantaran kebobolan empat gol dan tak bisa mencetak gol.

Tiago Mendes membuka keunggulan Atleti. Selanjutnya Saul Niguez, Antoine Griezmann, dan Mario Mandzukic bergantian membobol gawang Iker Casillas.

5. Jerman 4-0 Portugal (Piala Dunia 2014)

Ambisi Ronaldo mengangkat nama Portugal di ajang Piala Dunia harus berakhir dengan kekalahan dari Jerman. Pada laga pertama, Selecao das Quinas harus menelan kekalahan telak dari Die Mannschaaft yang kemudian tampil sebagai juara dunia 2014.

Ronaldo yang tampil sebagai kapten tak bisa mendongkrak performa Portugal. Thomas Muller mencetak tiga gol dan satu gol lagi dibuat Mats Hummels.

Portugal gagal lolos ke babak gugur Piala Dunia 2014 setelah bermain imbang dengan Amerika Serikat dan menang tipis atas Ghana. Portugal hanya menempati peringkat ketiga di bawah Jerman dan AS.

6. Manchester City 4-1 Man Utd (Liga Inggris 2003/2004)

Sebelum Man City menjadi klub kaya dan dihuni bintang-bintang tenar, The Citizens punya pengalaman mengalahkan Man Utd yang sudah diperkuat Ronaldo.

Robbie Fowler membuka kemenangan Man City pada menit ketiga dan disusul gol Jon Macken pada menit ke-32. Tiga menit berselang Paul Scholes memperkecil jarak. Pada babak kedua, Trevor Sinclair dan Shaun Wright-Philips membuat Man City berpesta di kandang.

Ronaldo yang bermain sebagai gelandang sayap kanan digantikan Ole Gunnar Solskjaer pada menit ke-72.

7. Man Utd 1-4 Liverpool (Liga Inggris 2008/2009)

Sebelum ditekuk dalam lanjutan musim 2021/2022, Ronaldo dan Man Utd sudah pernah dipermalukan di Old Trafford oleh Liverpool.

Pada paruh kedua musim, Man Utd tak bisa mengimbangi Liverpool. Ronaldo sempat membuat Man Utd unggul melalui gol dari titik putih. Setelah gol tersebut, The Reds mengubah keadaan. Diawali Fernando Torres, kemudian Steven Gerrard membuat Liverpool berbalik unggul. Fabio Aurelio dan Andrea Dossena turut membungkam Man Utd di kandang.

Kendati kalah 1-4 dari sang rival, Man Utd tetap menjadi juara akhir musim dengan 90 poin atau hanya unggul empat poin dari Liverpool.

(fox)

Berita Terkait