Akses Pinjaman Modal Tanpa Bunga Bagi UMKM Karimun Dibuka, Maksimal Rp 20 Juta

Akses Pinjaman Modal Tanpa Bunga Bagi UMKM Karimun Dibuka, Maksimal Rp 20 Juta

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Angin segar bertiup bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, khususnya bagi mereka yang membutuhkan pinjaman modal usaha.

Bekerjasama dengan Bank Riau Kepri, Pemerintah Kabupaten Karimun membuka akses pinjaman bagi pelaku UMKM dengan bunga nol persen.

Bupati Karimun Aunur Rafiq, menyampaikan pinjaman modal yang diberikan sebesar Rp 20 juta untuk modal usaha.

"Bunga nol persen. Untuk nilainya sebesar Rp 20 juta," kata Rafiq, usai penandatanganan kerjasama dengan Bank Riau Kepri, Senin (25/10/2021).

Bantuan pinjaman itu, dikatakan oleh Rafiq merupakan tindaklanjut dari kerja sama antara Provinsi Kepri dan PT Bank Riau Kepri, dalam meningkatan pertumbuhan ekonomi.

"Dengan program ini, pelaku UMKM dapat memanfaatkan dengan peminjan modal. Yang mana bunganya akan ditanggung oleh pemerintah Provinsi," ujarnya.

Untuk dapat mengajukan pinjaman tersebut, ada beberapa syarat yang perlu dilengkapi. Salah satunya adalah surat izin usaha serta data-data diri dan usaha.

"Syaratnya paling utama tentu izin usaha, data diri, dan untuk syarat lainnya akan dijelaskan oleh pihak Bank saat melakukan pengajuan," ucap Rafiq.

Sementara itu, Direktur Dana dan Kas Bank Riau Kepri, M.A Suharto mengatakan bahwa, untuk bantuan pinjaman bagi pelaku UMKM di Kepri, pihaknya menggelontorkan dana sebanyak Rp 20 miliar.

"Kita mengalokasikan sekitar Rp 20 miliar bagi pelaku UMKM di Kepri, jadi mana yang cepat dan tidak ada batasan kuota, karena ini program dari provinsi," kata Suharto.

Dana stimulus yang diberikan untuk meningkatkan sektor UMKM dengan syarat-syarat yang mudah. Tidak seperti dana pinjaman umum lainnya.

Lalu, pelaku UMKM yang dapat mengajukan pinjaman juga tidak ada terikat dengan pinjaman di bank lainnya.

"Kalau sudah ada di tempat lain, maka itu tidak bisa. Jadi kita berikan bagi yang belum ada pinjaman di tempat lain dengan syarat yang mudah," ucapnya.

Sehingga, bagi pelaku usaha kecil yang membutuhkan modal, dapat langsung mengajukan ke Bank Riau Kepri di daerah masing-masing.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews