Indonesia Dilarang Kibarkan Merah Putih Jika Juara Piala Thomas

Indonesia Dilarang Kibarkan Merah Putih Jika Juara Piala Thomas

Ilustrasi.

Jakarta - Tim Thomas Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih jika mereka mampu menjuarai ajang bergengsi badminton dunia.

Sebagai gantinya, Tim Piala Thomas Indonesia akan mengibarkan bendera federasi yakni Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Akan tetapi, tim Indonesia masih diperbolehkan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' jika menjadi kampiun.

"Info yang saya dapatkan dari Kabid Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto, infonya memang seperti itu. Jadi tidak ada bendera Merah Putih, tetapi diganti logo PBSI," ucap Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy, dilansir kumparan, Sabtu (16/10/2021).

Hal ini merupakan imbas dari hukuman Badan Anti-Doping Dunia atau WADA yang dijatuhkan kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) pada Jumat (8/10/2021) lalu. 

LADI dinilai tidak patuh dalam melaksanakan pengujian doping yang efektif kepada tiap atlet di seluruh cabang olahraga.

Dengan begitu, atlet-atlet Indonesia yang ikut dalam kompetisi internasional tak bisa mengibarkan bendera 'Merah Putih' saat berlaga. Hukuman lainnya berupa larangan menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, atau internasional selama masa penangguhan ini.

Indonesia akan bersua Denmark di babak semifinal Piala Thomas pada Sabtu (16/10) malam ini. Sebelumnya, Indonesia berhasil menghempaskan Malaysia dengan skor telak 3-0 di perempat final.

Laga final Piala Thomas sendiri dijadwalkan akan berlangsung Minggu (17/10) besok. Selain Indonesia vs Denmark, partai semifinal lainnya mempertemukan China melawan Jepang. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews