Cara Instan Redakan Sakit Tenggorokan

Cara Instan Redakan Sakit Tenggorokan

BATAMNEWS.CO.ID - Sakit tenggorokan bisa menyerang kapan saja, siapa saja. Banyak hal yang menjadi penyebab sakit tenggorokan seperti paparan asap, makanan berminyak, udara kering, dan sebagainya.

Sakit tenggorokan dapat diatasi secara instan. Seperti dilansir dari meetdoctor, caranya adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan
Bersihkan tenggorokan dengan cara berkumur dengan air garam. Menurut Student Health Services di University of Connecticut seperti dikutip oleh situs Health Line,air garam mampu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi sekresi lendir dan membunuh bakteri penyebab gatal tenggorokan.

Pilihan lain: Berkumur dengan cairan asam cuka apel organik. Cairan cuka asam apel mengandung senyawa antibakteri untuk membantu menyembuhkan infeksi tenggorokan. Cuka asam apel yang diminum dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan sel-T yang berfungsi meningkatkan kekebalan dan melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh.

2.Cegah
Pencegahan adalah obat terbaik sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus. Misalnya Anda merasa sakit tenggorokan di pagi hari, bisa jadi itu karena Anda bernapas dengan mulut saat sedang tidur. Akibatnya, tenggorokan jadi terasa kering. Hal ini juga bisa memicu terjadinya refluks asam (pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan). Asam lambung yang mengalir kembali ke dalam kerongkongan dapat menimbulkan nyeri, peradangan dan kerusakan bagian kerongkongan dan tenggorokan.

Tingkat peradangan tergantung dari keasaman isi lambung, volume asam lambung dalam kerongkongan dan kemampuan untuk mengeluarkan cairan yang mengalami regurgitasi dari kerongkongan. Dalam posisi berbaring, yang berperan dalam terjadinya refluks ini adalah gaya gravitasi.

Cegah terjadinya tenggorokan kering dan refluks asam dengan meninggikan kepala kurang lebih 15 cm, dapat menjauhkan aliran asam dari kerongkongan ketika penderita tidur. Hindari kopi, alkohol dan bahan lain yang merangsang produksi asam lambung berlebihan.

3.Lindungi
Lindungi tenggorokan dari gejala sakit berkelanjutan dengan campuran segelas air hangat dengan perasan lemon dan sesendok makan madu. Ramuan ini punya kemampuan meredakan iritasi penyebab tenggorokan terasa gatal dan sakit. Atau untuk pilihan yang lebih praktis, hisap permen licorice. Licorice adalah sejenis tanaman yang senyawa kimianya dipercaya dapat mengurangi produksi lendir di tenggorokan dan meredakan batuk. Demikian menurut Benjamin Asher, MD, PC, anggota komite Complementary and Integrative Medicine di American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery kepada situs kesehatan Prevention.

Pilihan lainnya: Permen hisap pelega tenggorokan.

[rul]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews