Kapan Umrah dengan Penerbangan Langsung Batam-Jeddah Dibuka?

Kapan Umrah dengan Penerbangan Langsung Batam-Jeddah Dibuka?

Saudi Arabian Airlines. (ist)

Batam, Batamnews - Kasus Covid-19 di Kota Batam semakin melandai. Data satuan tugas (satgas) Covid-19 jumlah pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan hanya berjumlah 22 orang. 

Beberapa kecamatan di Kota Batam juga telah menjadi zona hijau, yaitu diantaranya Kecamatan Seibeduk, Batuampar, Bulang, Belakangpadang dan Galang.

Dengan kondisi yang semakin membaik tersebut, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sedang mengupayakan beberapa kegiatan yang mulai akan berjalan normal. 

Seperti kegiatan masyarakat yang menyangkut orang banyak sudah diperbolehkan, namun dengan kapasitas yang telah ditentukan. 

Selanjutnya, ibadah umrah melalui Kota Batam akan coba diusahakan kembali. Mengingat Batam sebelumnya melaksanakan direct flight (penerbangan langsung) ke Arab Saudi. 

“Tunggu Covid-19 selesai dulu,” ujar Rudi, Rabu (13/10/2021). 

Sebagai persiapannya, Ia mengaku telah bertemu dengan Deputi IV Badan Pengusahaan (BP) Batam dan pihak Pertamina untuk dapat menurunkan tarif bahan bakar minyak (BBM) jenis avtur. 

“Dengan biaya avtur yang turun, maka bisa langsung dipercepat direct flight-nya,” kata dia. 

Selain membahas mengenai penurunan tarif avtur, pihaknya juga akan membahas mengenai syarat untuk melaksanaman ibadah umrah. Seperti syarat yang dimaksud misalnya vaksinasi Covid-19 sudah dua kali.  “Tunggu aja dulu, ini masih didudukkan (bahas) lagi,” katanya. 

Sementara itu, mengenai direct flight Taiwan-Batam, Rudi mengatakan bahwa menunggu kasus Covid-19 selesai, atau nol kasus dalam beberapa waktu. “Kalau dibuka, penerbangan kosong, nanti berhenti lagi,” katanya.

(ret)