Kepri Satu-satunya Provinsi Berstatus PPKM Level 1

Kepri Satu-satunya Provinsi Berstatus PPKM Level 1

Kota Batam, Provinsi Kepri. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Provinsi Kepri, menjadi satu-satunya provinsi yang menyandang Level 1.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam jumpa pers virtual, Senin 4 Oktober 2021.  Kebijakan ini akan berlaku dua pekan ke depan.

"Tadi sudah disampaikan dalam laporan evaluasi terkait pelaksanaan PPKM khusus untuk di luar Jawa tadi kami sampaikan bahwa dari segi situasi jumlah kasus per-pulau," ujar Airlangga.

Politisi Golkar itu mengatakan kini provinsi di luar Jawa dan Bali tak ada yang menyandang status PPKM Level 4. 

Penerapan PPKM di luar Jawa-Bali berada di tingkat yang beragam.

"Di posisi level 3 ada 4 provinsi. Di level 2 ada 22 provinsi dan 1 provinsi di level 1. Kemudian tentunya kita lihat dari Kepulauan Riau dan Kalimantan Timur ini Riau turun ke level 1 dan Kalimantan Timur turun ke level 2," ujar Airlangga.

Kepulauan Riau bukan satu-satunya daerah yang menyandang status PPKM Level 1. Untuk wilayah PPKM Level Jawa-Bali, Kota Blitar, Jawa Timur juga menyandang status PPKM Level 1.

"Pemerintah akan melaksanakan uji coba pemberlakuan PPKM Lebel 1 untuk Kota Blitar," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Percobaan itu dilakukan aras dasar standar WHO. Kota Blitar dianggap memenuhi syarat indikator WHO, dengan target vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 70 persen dan dosis 1 lansia sebesar 60 persen. Diketahu PPKM Level 1 ini akan mendekati aktivitas masyarakat yang normal.

"Sehingga nanti akan menjadi role model buat kota dan kabupaten lain," ujar Luhut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews