Newcastle United Resmi Diakuisisi Pangeran Tajir Arab

Newcastle United Resmi Diakuisisi Pangeran Tajir Arab

Newcastle United (Foto:Reuters)

Newcastle, Batamnews - Klub sepakbola Liga Inggris, Newcastle United resmi diakuisisi 100 persen oleh konsorsium milik Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Newcastle mengumumkan pembelian klub oleh Public Investment Fund (PIF), Kamis (7/10/2021) malam WIB. Perusahaan asal Arab Saudi itu mengambil alih kepemilikan The Magpies dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley.

Semua persyaratan akuisisi Newcastle telah disetujui oleh Premier League. Gubernur PIF, Yasir Al-Rumayyan, ditunjuk sebagai Ketua Non-Eksekutif Newcastle United.

"Grup investasi yang dipimpin oleh Public Investment Fund, dan juga terdiri dari PCP Capital Partners dan RB Sports & Media, telah menyelesaikan akuisisi 100% dari Newcastle United Limited dan Newcastle United Football Club Limited dari St. James Holdings Limited," begitu pernyataan resmi yang dikeluarkan Newcastle di media sosial.

Akuisisi kali ini sekaligus mengakhiri kepemilikan Mike Ashley di Newcastle yang sudah berjalan 14 tahun. Pengusaha Inggris itu mendapat penolakan dari fans dalam beberapa musim terakhir karena dianggap gagal mengelola klub.

Berakhirnya era Ashley dan masuknya Public Investment Fund pimpinan Pangeran Mohammed bin Salman disambut suka cita para penggemar Newcastle. Mereka bersorak dan berpesta di depan Stadion St. James Park ketika pengumuman akuisisi diberitakan.

(ruz)