Kondisi Terkini Tukul usai Operasi Pendarahan Otak

Kondisi Terkini Tukul usai Operasi Pendarahan Otak

Tukul Arwana.(Foto: Antara)

Jakarta, Batamnews - Tukul Arwana beberapa waktu lalu menjalani operasi pendarahan otak. Tim dokter menggelar jumpa pers soal tindakan kondisi terkini Tukul.

Sebelumnya, tim dokter mengungkap awal mula Tukul harus menjalani operasi. Rupanya, awalnya ia mengalami hipertensi akut saat dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Komedian Tarzan Ungkap Kondisi Tukul

Setelah operasi, keadaan Tukul mulai membaik. Namun tekanan darahnya kerap naik-turun.

"Sampai saat ini kondisi pemantauan di ruang semi intensif yaitu di ruang stroker unit, jadi memang tekanan darah terlihat masih naik turun. Jadi kadang-kadang stabil kadang-kadang tiba-tiba naik," ujar dr. Sardiana Salam, Sp.S,M.kes, saat konferensi pers secara virtual.

"Karena kondisinya masih pascaakut, dan memang saat ini untuk tensinya itu ada target yang kita targetkan dan itu sudah diberikan obat anti hipertensi," lanjutnya.

Menurut dokter, paling tidak dibutuhkan waktu 3 bulan untuk sembuh. Tukul akan menjalani sejumlah pengobatan, seperti fisioterapi.

"Penyembuhan butuh waktu berapa lama berdasarkan fase akutnya yaitu 21 hari untuk fase akut pada stroke perdarahan," jelas dr. Sardiana Salam, Sp.S,M.kes.

"Yang kami sudah sampaikan di awal, kami ada tim neurorestorasi yang ke depannya akan memberikan pelatihan dari sisi fisioterapi, okupasi terapi, terapi syaraf sampai dalam tiga bulan itu akan kita berikan pelatihan," tambahnya.

Baca juga: Tolak Jelaskan Kondisi Tukul Arwana, Dirut RS PON: Kami Dilarang!

Meskipun masih terbaring lemah, namun kondisi Tukul Arwana semakin hari semakin baik. Ia mulai bisa merespon ketika diajak komunikasi dengan menggerakkan anggota tubuhnya.

"Jadi pada prinsipnya pas melakukan tindakan sudah mendapatkan respon yang sangat baik pada pasien. Lalu untuk pemulihan secara literatur memang fase akut itu kurang lebih sekitar tiga minggu. Tapi untuk penyerapan sempurna dari pecahnya pembuluh darah seperti ini, untuk darah murni diserap seperti itu kurang lebih butuh waktu sekitar 8-12 minggu secara literatur. Tapi dalam fase itu diharapkan itu pun juga tergantung dengan masing-masing respon pasien sebenarnya," beber dr. Arief Rahman Kemal, Sp.S.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews