Tanjungpinang Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama

Tanjungpinang Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama

Rustam mewakili Wali Kota Tanjungpinang menerima penghargaan APE, di gedung kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI), Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Tanjungpinang, Batamnews - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), sukses meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat utama. Prestasi ini merupakan capaian panjang setelah 10 tahun menanti.

"Alhamdulillah, setelah menanti 10 tahun, akhirnya Tanjungpinang memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Utama," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Tanjungpinang, Rustam.

Pemberian penghargaan APE tingkat utama untuk Tanjungpinang tersebut, ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2021 tertanggal 6 September 2021.

Kota Tanjungpinang sendiri memperoleh kategori utama bersama 58 kabupaten/kota lainnya. Bersama kota Tanjungpinang ada 308 Kementerian/Lembaga, Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mendapat APE dari berbagai kategori yaitu pratama, madya, utama dan mentor.

Baca juga: Kelurahan Senggarang Raih Anugerah Pelaksana PPKM Terbaik se-Kepri

Rustam menyebut, Pemko Tanjungpinang sebelumnya telah memperoleh penghargaan serupa untuk kategori pratama hingga madya yaitu peringkat pratama di tahun 2011 dan 2016, lalu 2012-2014 dan 2018 meraih kategori madya. 

Keberhasilan meraih APE tingkat utama ini, karena Kota Tanjungpinang telah memenuhi tujuh unsur persyaratan PUG yang komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, data sistem informasi dan KIE, pedoman dan metode peran serta masyarakat.

Selain itu, upaya lain yang telah dilakukan adalah pemantapan komitmen kepala daerah terhadap pelaksanaan pengarusutamaan gender dalam pembangunan Kota Tanjungpinang.

Selanjutnya menjalin kerjasama dengan kemitraan seperti tenaga akademisi, badan usaha, dan lembaga masyarakat yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah, serta menyusun strategi PPRG kota Tanjungpinang.

"Keberhasilan APE peringkat utama ini, berkat komitmen kepala daerah dan sinergitas serta dukungan stakehoder, dan semua unsur masyarakat dalam mewujudkan kesetaraan gender secara berkelanjutan di Kota Tanjungpinang," pungkasnya. 

Diketahui, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews