PLN Bintan Lakukan Pemadaman Bergilir Mulai Oktober

PLN Bintan Lakukan Pemadaman Bergilir Mulai Oktober

PLN Bintan akan melakukan pemadaman bergilir di bulan Oktober (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - PLN berencana akan melakukan pemadaman listrik secara bergilir di Kabupaten Bintan. Pemadaman itu akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Manager PLN Rayon Kijang, Lai Suarni mengatakan, PLN Rayon Kijang mendapatkan tugas melakukan pemadaman terencana dalam 2 bulan sekali. Pemadaman itu dilakukan karena adanya pemeliharaan jaringan listrik skala besar.

"Kita cuma dapat padam terencana per 2 bulan untuk melakukan pemeliharaan skala besar," ujar Lai Surani, Kamis (23/9/2021).

PLN Rayon Kijang ini memiliki wilayah kerja terhadap jaringan kelistrikan di 5 kecamatan. Mulai dari Kecamatan Bintan Timur, Gunung Kijang, Toapaya, Teluk Bintan, dan sebagian wilayah Teluk Sebong.

Baca juga: Sapi Kabur saat Idul Adha Lalu di Bintan Akhirnya Ketemu

Di 5 kecamatan tersebut terdapat 7 penyulang yang mengalirkan listrik ke 35 ribu pelanggan. Jadi penyulang-penyulang itu yang jadi sasaran dalam pemeliharaan. Namun pemeliharaannya dilakukan secara bertahap tidak sekaligus.

"Pemeliharaan jaringan ini yang membuat kita lakukan pemadaman. Pemeliharaannya meliputi penggantian komponen JTM, Row atas jaringan, perampalan atau penebangan pohon-pohon yang mengganggu jaringan dan juga ada perbaikan jika trafo yang sudah over beban," jelasnya.

Pemeliharaan jaringan terakhir dilakukan pada Agustus 2021. Kemudian akan dilaksanakan kembali pada pekan kedua Oktober mendatang. Sasarannya penyulang yang berada di Kecamatan Bintan Timur.

"Pemadaman selanjutnya pada Oktober mendatang. Tepatnya minggu ke 2 dengan lokasi pemeliharaan jaringan di Tambak serta Km 18," katanya.

Dalam proses pemadaman pihak PLN tidak melarang masyarakat menggunakan genset sebagai alternatif sumber kelistrikan. Namun diminta untuk penggunaan genset dipisah dengan instalasi PLN.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews