Riau Gelar Kenduri Pantun Dunia Desember 2021

Riau Gelar Kenduri Pantun Dunia Desember 2021

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, Raja Yose Rizal (Foto:riauonline)

Pekanbaru, Batamnews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, akan kembali menggelar Kenduri Pantun Dunia pada Desember 2021 mendatang. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pantun Dunia.

"Tadi Kita bicarakan mengenai hari pantun dunia yang akan kita laksanakan di bulan Desember mendatang. Dalam hal ini domain Riau sangat besar," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, Raja Yose Rizal, Senin (20/9/2021).

Kenduri Pantun ini sebagai bentuk apresiasi terhadap pantun sebagai warisan budaya tak benda yang ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB pada 17 Desember 2020 lalu.

Baca juga: Sakit Hati, Pekerja Sawit Penggal Remaja 13 Tahun di Riau

"Setiap Desember kita akan mengadakan Kenduri Pantun tingkat dunia. Hal ini juga menindaklanjuti pantun sebagai warisan budaya tak benda," lanjut Yose.

Ia menyebut, keberadaan pantun amat penting dan perlu disyukuri sebagai bagian dari tunjuk ajar Melayu. "Kenduri ini sebagai wadah kita untuk bersyukur sekaligus bertafakur" katanya.

Diketahui, pantun menjadi warisan tak benda atau intangible culture heritage ke-11 Indonesia yang tercatat di UNESCO. Sebelumnya Indonesia telah mencatatkan keris, wayang, batik, angklung, tari saman, noken, tiga tari tradisional Bali, Kapal Pinisi, serta Pencak Silat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews