RSUD Meranti Was-was Stok Obat Kegawatdaruratan Kosong

RSUD Meranti Was-was Stok Obat Kegawatdaruratan Kosong

Atropine Sulfate.

Meranti, Batamnews - Salah satu stok obat penting di RSUD Meranti kosong. Yakni obat Atropine Sulfate yang biasanya digunakan untuk kegawatdaruratan.

Atropine Sulfate merupakan obat yang biasa digunakan untuk denyut jantung lemah pada pasien gawat darurat. Obat ini wajib ada di RSUD.

Kasubag Tata Usaha (TU) RSUD Meranti, Rifky mengatakan RSUD sudah melakukan proses pembelian baru.

"Obat ini untuk kegawatdararutan untuk mengatasi denyut jantung jantung lemah pada pasien yang gawat darurat. Jenisnya injeksi. Memang sedang habis dan kita sudah dalam proses permintaan ke distributor," katanya, Kamis (16/9/2021).

Rifky menjelaskan, obat tersebut bukan obat kebutuhan rutin. Namun obat untuk jaga-jaga. "Walaupun obat untuk jaga-jaga, tapi wajib ada dan sangat penting," ujarnya.

Rifky memprediksi obat tersebut akan tiba dalam beberapa hari kedepan. Sehingga bisa standby dan tersedia di RSUD Meranti. "Mudah-mudahan dalam dua hari kedepan sudah ada lagi. Dan hal ini menjadi prioritas kita," ungkapnya.

Dari tiga jenis obat yang sempat mengalami kekosongan pekan lalu, kini sudah tersedia dua jenis obat. Diantaranya Metformin yang merupakan obat diabetes, dan Arixtra yang merupakan obat Jantung.

Sementara Heparin, yang merupakan obat untuk gangguan hati masih belum tersedia. Sebab memang masih kosong dari distributor.

"Untuk dua jenis obat sudah tersedia untuk kebutuhan beberapa waktu kedepan. Sedangkan Heparin memang masih kosong, dan bahkan beberapa rumah sakit di indonesia juga belum mendapatkan dari distributornya," terang Rifky. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews