Indonesia Peringkat 4 Suntik Vaksin Covid-19 Terbanyak di Asia

Indonesia Peringkat 4 Suntik Vaksin Covid-19 Terbanyak di Asia

Ilustrasi (Foto:kompas)

Jakarta, Batamnews - Indonesia menjadi negara dengan realisasi penyuntikan vaksin Covid-19 terbanyak ke-4 di Asia. Indonesia hanya berada di bawah China, India, dan Jepang.

Hingga Senin (13/9/2021) pukul 18.00 WIB, sebanyak 73,8 juta orang Indonesia telah mendapatkan vaksin Covid-19. Sebanyak 42,3 juta orang di antaranya telah mendapatkan vaksin lengkap atau sebanyak dua dosis vaksin.

Jumlah ini setara dengan 35,45 persen dari target vaksinasi nasional. Pemerintah Indonesia menargetkan untuk memvaksin 208,26 juta orang.

"Sudah lebih dari sepertiga sasaran vaksinasi yang mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19. Hal ini merupakan buah dari kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat luas," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Senin (13/9/2021) dalam keterangan pers.

Baca juga: Bintan Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Wakil Presiden

Johnny mengharapkan agar kerjasama ini terus diperkuat untuk bisa mencapai target cakupan vaksin Covid-19.

"Keberhasilan program ini sangat berperan penting dalam keberhasilan pengendalian pandemi dan proses transmisi menuju endemi di Indonesia," tutur Johnny.

Saat ini, program vaksinasi di Indonesia fokus menggenjot cakupan untuk kelompok lansia dan remaja. Pasalnya, vaksinasi untuk kelompok ini masih rendah.

Realisasi vaksinasi untuk lansia baru mencapai 26,4 persen untuk dosis pertama dan 18,73 persen untuk dosis kedua. Lansia juga termasuk kelompok yang rentan terhadap penyakit parah dan kematian karena Covid-19.

Sedangkan, pada remaja cakupan vaksin baru 11,8 persen untuk dosis pertama dan 8,12 persen untuk dosis kedua.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews