Eks Wasit Liga Inggris Sebut Ronaldo Sering Diving

Eks Wasit Liga Inggris Sebut Ronaldo Sering Diving

Ronaldo saat memperkuat MU bertandang ke Anfield pada musim 2007. (Foto: Getty Images via Liverpool Echo)

Batam - Seorang mantan wasit Liga Inggris membuat pengakuan luar biasa tentang Ronaldo. Ia menyebut, bintang Portugal itu sering diving saat bermain pada periode pertama memperkuat Manchester United.

Pengakuan ini disampaikan Mark Halsey, wasit Liga Inggris yang pensiun pada 2013 lalu. 

Ia mengungkapkan aksi diving Ronaldo itu terjadi pada 2007 silam, kala MU bertandang ke markas Liverpool di Anfield.

"Saya mendapat kehormatan menjadi wasit untuk dia di lebih dari 18 laga. Ada dua momen yang terus melekat di ingatan saya," ujar Halsey, dilansir The Sun.

"Salah satunya ketika saya mewasiti laga Liverpool melawan Man United di Anfield pada 2007. Setelah lempar koin saya sempat bilang ke dia untuk tidak mudah jatuh."

"Dia melihat ke saya dan tersenyum. Kemudian di beberapa menit pertama Ronaldo mengabaikan ucapan saya dengan mudah jatuh. Ketika dia meminta tendangan bebas saya langsung teriak saja ke dia soal apa yang sudah saya bilang, " tambahnya.

Baca: Wayne Ronney: Ronaldo Masih Bisa Main Sampai Usia 40 Tahun

Halsey meneruskan bahwa setelah itu Ronaldo tak pernah lagi melakukan diving. Ia meyakini bahwa semua itu berkat didikan Sir Alex Ferguson dan skuad Man United lain.

"Saya yakin Sir Alex Ferguson dan teman-temannya di MU bekerja keras membuat Ronaldo tak mudah lagi jatuh," kata Halsey.

"Setelah beberapa tahun, fisik Ronaldo semakin kuat dan dia akhirnya beradaptasi dengan Liga Inggris," lanjut dia.

Halsey lalu bercerita soal laga terakhir di mana dirinya terakhir kali menjadi wasit untuk pertandingan internasional Itu adalah laga Portugal vs Azerbaijan pada Oktober 2006.

"Waktu itu, setelah laga Ronaldo datang ke ruang wasit dengan jersi yang sudah ditandatangani dan bilang ke 'saya harap yang terbaik untuk Anda'," ungkap Halsey.

"Ini menunjukkan bahwa ia adalah orang yang baik dan kami memiliki hubungan positif di lapangan. Sangat luar biasa dia kembali ke Premier League karena saya pikir dia adalah pemain terbaik di dunia," sambung dia.

Baca: Mudik ke MU, Ronaldo Jadi Pemain Bergaji Tertinggi di Liga Inggris

Ronaldo sendiri kemungkinan besar akan debut untuk MU di laga melawan Newcastle. Laga itu akan digelar di Old Trafford pada Sabtu (11/9) malam WIB.