Terpukul Pandemi, Usaha Kuliner di Karimun Mulai Berseri

Terpukul Pandemi, Usaha Kuliner di Karimun Mulai Berseri

Kawasan Coastal Area Karimun yang mulai ramai kembali di tengah penerapan PPKM Level 3. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Pelonggaran aktivitas publik di Karimun, Kepulauan Riau pada masa PPKM level 3 membuat aktivitas ekonomi mulai bergerak.

Geliat ekonomi ini terlihat di sektor UMKM, seperti kalangan pedagang kuliner yang sempat mengalami masa suram saat pandemi Covid-19.

Warung-warung makan, kedai kopi, restoran, cafe hingga pedagang kaki lima, diberikan kelonggaran untuk berjualan dengan kapasitas sebanyak 50 persen.

"Ada kelonggaran yang diberikan, dengan membolehkan makan atau minum di tempat dengan kapasitas hanya 50 persen," kata Lim, pedagang kopi di Jalan Ahmad Yani, Karimun, Jumat (10/9/2021).

Baginya, pelonggaran aktivitas publik ini menjadi berkah. Kedainya yang sempat sepi, kini perlahan mulai ramai didatangi para penggemar kopi.

Meski tak sepenuh sebelum pandemi, kehadiran konsumen membuat Lim sangat senang lantaran penghasilannya tidak terlalu jauh merosot.

Sehingga, dapat kembali diputar untuk memodali usaha agar dapat bertahan di tengah situasi ekonomi seperti saat ini.

"Kalau pendapatan cukuplah, dapat untuk diputar kembali untuk modal. Kalau untuk bicara untung, bisa dikatakan sangat tipis sekali," kata pria tersebut.

Baca: Covid Melandai, Usaha Kuliner di Batam Mulai Menggeliat

Hal yang sama juga dirasakan sejumlah pedagang kaki lima, khususnya para penjual makanan di salah satu landmark Karimun, Tugu MTQ Coastal Area.

Kawasan itu mulai ramai pedagang dan pembeli makanan. Aktivitas ekonomi di kawasan itu pun berdenyut kembali.

Pedagang yang rata-rata mulai berjualan pada sore hingga malam itu, dapat berjualan hingga jam yang telah ditentukan yaitu jam 9 malam.

Di lokasi itu, tidak semua penjual menyediakan tempat duduk, dan mengutamakan pembeli yang bungkus makanan.

Lalu, restoran, cafe, angkringan juga menerapkan hal serupa dengan membatasi jumlah pengunjung tempat duduk.

"Lumayan, bang. Bersyukur udah bisa jualan kembali," ujar pedagang makanan di Coastal Area sambil tersenyum.

Ia berharap, kondisi dan perkembangan Corona di Karimun semakin membaik. Imbasnya, gerak sosial ekonomi bisa berputar normal kembali.

Dari pantauan Batamnews, meski ramai pengunjung, protokol kesehatan tetap dijalankan oleh pengunjung kawasan Coastal Area. 

Dari kejauhan, tampak tim gugus tugas Covid-19 berjaga dan terkadang berpatroli untuk mengingatkan warga tetap menjaga dan menerapkan prokes.

(aha)