Covid Melandai, Usaha Kuliner di Batam Mulai Menggeliat

Covid Melandai, Usaha Kuliner di Batam Mulai Menggeliat

Stan bazar kuliner di halaman MB2 Batam Centre yang menawarkan berbagai kudapan. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - Bazar kuliner di Batam, Kepulauan Riau mulai menggeliat menyusul turunnya kasus Covid-19 dan longgarnya aktivitas publik.

Salah satu bazar kuliner yang mulai kembali dibuka yaitu Bazar Ambyar 3 di Mal Botania 2, Batam Center yang berlangsung sejak tanggal 3 hingga 5 September 2021

Membuka ajang itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kegiatan ini pertama kali dilaksanakan setelah PPKM level 3 di Kota Batam. 
Ia menegaskan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam kegiatan bazar kuliner ini, diantaranya melaksanakan yakni memakai masker bagi penjual dan pengunjung, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, menjaga jarak.

"Jangan berkerumun, panitia harus mengatur dan memecah kerumunan," ujarnya, Jumat (2/9/2021).

Saat ini kasus aktif Covid-19 di Batam semakin menurun, hingga 2 September 2021 tercatat 188 dalam perawatan. Menurutnya menurunnya kasus tersebut berkat kerjasama dengan pemerintah dan stakeholder.

"Nanti kita punya beberapa bundaran yang iconic sehingga menambah daya tarik pariwisata Batam," ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kembali ekonomi masyarakat di masa Pandemi seperti saat ini. Apalagi kegiatan bazar kuliner sempat terhenti beberapa waktu.

“Kepada panitia harus berkoordinasi dengan pihak pihak terkait danTim Gugus Covid-19 ," kata dia.

Pemilik Tiga Mutiara, Debora yang merupakan promotor bazar mengatakan kegiatan ini mengusung tema "September Ceria" dan diikuti 20 tenan kuliner. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggairahkan kembali pariwisata dan ekonomi masyarakat, kegiatan ini bakal terus berlangsung di pusat perbelanjaan (mal) di Kota Batam.

"Kami buka pukul 11.00-20.00 sesuai operasional mal," terangnya.

Salah seorang tenant Bazar dari Kebab Durian Ucok, Husna, antusias mengikuti bazar kuliner ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan angin segar bagi dirinya selaku pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan ekonomi.

"Antusias banget, terakhir bazar seperti ini puasa, dan alhamdulillah hari ini bisa berjualan kembali," katanya.

Menurutnya kegiatan bazar seperti ini pendapatannya lebih besar dibandingkan dengan berjualan dirumah atau outlet. Sehingga ia berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan.

"Harapannya pejuang bazar, event seperti ini omsetnya berbeda omsetnya lebih tinggi," ucapnya.

(ret)