DPRD Dorong Pemprov Aktifkan PLUT Kabupaten/Kota se-Kepri

DPRD Dorong Pemprov Aktifkan PLUT Kabupaten/Kota se-Kepri

Wakil Ketua II DPRD Kepri, Raden Hari Tjahyono (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Raden Hari Tjahyono meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri mendorong kabupaten/kota mengaktifkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Menurutnya, PLUT merupakan wadah untuk membina koperasi dan UMKM. Mulai dari manajemen SDM, keuangan, legalitas, pemasaran, jaringan dan lain-lain.

"Di Kepri baru ada tiga PLUT Batam, Bintan dan Anambas. Menurut saya, yang berjalan cukup baik ada di Batam," kata dia disela-sela agenda reses bersama masyarakat Kecamatan Batam Kota, baru-baru ini.

Baca juga: Ibu-ibu Curhat ke Uba Sigalingging soal UMKM dan Tabung Oksigen

Lanjut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kepri ini, PLUT nantinya akan membuat kinerja UMKM menjadi terencana dan terukur, sehingga UMKM mampu menyerap tenaga kerja.

"Kalau PLUT ini diaktifkan, Insya Allah UMKM jadi tumbuh berdaya" sebutnya.

Selain itu, pemerintah daerah perlu memfasilitasi penyaluran KUR di Kepri, baik itu sosialisasi maupun tenaga pendamping KUR.

"Dulu ada tim pendamping KUR yang di gaji pusat, salah satu tugas mereka mendata dan mendampingi pelaku usaha mikro untuk akses dana KUR. Di dampingi mulai dari penyiapan berkas, sampai dengan pembukuan. Sehingga nanti bantuan pemerintah betul-betul menjadi agenda pemberdayaan," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews