Taliban Kuasai Ribuan Kendaraan Tentara AS, dari Tank-Ford Ranger

Taliban Kuasai Ribuan Kendaraan Tentara AS, dari Tank-Ford Ranger

Kendaraan M1117 milik tentara AS yang kini dikuasai Taliban Foto: Instagram @analyzeeducate

Kabul, Batamnews - Seiring kepergian tentara Amerika Serikat dari Afganistan, ribuan kendaraan yang sebelumnya jadi kendaraan operasional dan kendaraan pengamanan kini berpindah tangan. Jenisnya pun bermacam, dari Ford Ranger, Humvee, sampai tank.

Tentara Amerika Serikat sejak beberapa pekan lalu mulai menarik diri dari Afganistan. Kondisi ini memunculkan kekacauan di negara tersebut, di mana pasukan Taliban perlahan mulai menguasai banyak kota termasuk Kabul.

Saat pasukan Amerika Serikat, staff, hingga personel lokal dipastikan dievakuasi dengan selamat, berbagai perlengkapan pendukung diperkirakan tertinggal (atau ditinggal) di sana. Salah satunya adalah kendaraan-kendaraan pendukung operasi keamanan pasukan AS.

Dikutip dari Autoblog, setidaknya ada ribuan kendaraan milik tentara Amerika Serikat ditinggal di Afganistan dan kini dikuasai Taliban.

Baca: Wapres Afghanistan Amrullah Saleh Deklarasikan Diri Sebagai Presiden Sementara

Disebutkan, tentara Amerika Serikat memiliki 901 Ford Ranger spesifikasi militer di Afganistan. Dari jumlah tersebut 877 di antaranya sudah dikuasai Taliban, sementara 24 lainnya dihancurkan.

Kendaraan militer lain yang dimiliki tentara AS adalah HMMWV (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle) atau kerap disebut Humvee. Jumlahnya mencapai 729 unit. Sayangnya, sebanyak 665 di antaranya sudah diambil alih Taliban. Sedangkan 64 lainnya dihancurkan.

Bahkan ada kendaraan tempur berat tank yang juga kini dikuasai Taliban. Masih dikutip dari Autoblog, tank milik tentara AS paling tidak berjumlah 12 buah gabungan Tank T-54/55 dan Tank T-62. Seluruhnya kini dikuasai Taliban.

Daftar mobil tentara AS yang kini dimiliki Taliban juga termasuk Kendaraan Pengamanan Bersenjata M1117. Jumlahnya ada 60 buah dan 51 di antaranya diambil alih Taliban.

Baca: Berhasil Kuasai Afghanistan, Mengapa Taliban Tak Bantu Palestina Serang Israel?

Beberapa perlengkapan perang lain yang berada di Afganistan, baik yang sudah dihancurkan atau sudah diambil Taliban, di antaranya adalah drone dan perlengkapan senjata anti-pesawat terbang.

Kabar dikuasainya ribuan kendaraan milik tentara Amerika Serikat ini membuat Presiden Joe Biden dikritik. Namun di saat bersamaan beberapa pihak meyakini kendaraan dan perlengkapan tempur tersebut tak akan bertahan lama di tangan Taliban.

Ketiadaan SDM untuk merawat kendaraan dan juga spareparts untuk perbaikan membuat kendaraan-kendaraan tersebut akan rusak dalam waktu singkat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews