Ledakan Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul Tewaskan 70 Orang

Ledakan Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul Tewaskan 70 Orang

Bom bunuh diri meledak di dekat Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan. (Foto: CNN)

Kabul, Batamnews - Sebuah bom meledak di dekat bandara internasional Kabul, Afghanistan pada Kamis (26/8/2021) sore. Lebih dari 70 orang dilaporkan tewas dalam insiden ini.

Sedikitnya 60 warga Afghanistan dan 12 tentara AS tewas dalam ledakan bom bunuh diri yang dilakukan oleh anggota ISIS. Puluhan orang lainnya terluka.

Bahan peledak diledakkan di dekat gerbang masuk ke Bandara Hamid Karzai, di mana ribuan orang berjubel untuk meninggalkan Afghanistan yang dikuasai Taliban.

Saksi matan, Zubair hanya berjarak 50 meter dari tempat salah satu ledakan terjadi dan menggambarkan peristiwa memilukan tersebut.

"Pria, wanita dan anak-anak berteriak. Saya melihat banyak orang terluka - pria, wanita dan anak-anak - dimasukkan ke dalam kendaraan pribadi dan dibawa ke rumah sakit," katanya.

Negara Islam Provinsi Khorasan (ISIS-K) adalah cabang dari kelompok teroris yang aktif di Afghanistan dan Pakistan dan mereka telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Kantor Berita Amaq kelompok itu mengatakan di saluran Telegramnya bahwa seorang pembom bunuh diri 'berhasil mencapai pertemuan besar penerjemah dan kolaborator dengan tentara Amerika di 'Kamp Baran' dekat Bandara Kabul dan meledakkan sabuk peledaknya di antara mereka, menewaskan sekitar 60 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya, termasuk pejuang Taliban.

ISIS-K digambarkan sebagai 'yang paling ekstrim dan kekerasan dari semua kelompok militan jihad di Afghanistan'.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews