AS Umumkan Evakuasi Pengungsi Afghanistan Berakhir 31 Agustus

AS Umumkan Evakuasi Pengungsi Afghanistan Berakhir 31 Agustus

Antrean pengungsi asal Afghanistan saat tiba di pangkalan udara Torrejon de Ardoz, Spanyol. (Foto: AFP via Today Online).

Kabul - Lebih dari 80 ribu orang telah dievakuasi dari Afghanistan sejak 14 Agustus 2021, menyusul berkuasanya kelompok Taliban.

Eskalasi semakin meningkat di tengah keputusasaan warga negeri itu setelah mendengar setelah Presiden Joe Biden mengkonfirmasi evakuasi yang dipimpin AS akan berakhir pekan depan.

Kerumunan besar tetap terjadi di luar bandara Kabul. Warga berjejal sembari berharap untuk melarikan diri dari ancaman pembalasan dan penindasan di Afghanistan.

Biden mengatakan Amerika Serikat menetapkan tenggat waktu 31 Agustus untuk sepenuhnya menarik pasukannya. Meskipun, ada peringatan dari sekutu Eropa bahwa tidak semua warga Afghanistan yang rentan akan dapat pergi pada saat itu.

"Semakin cepat kita bisa menyelesaikannya, semakin baik ... setiap hari operasi membawa risiko tambahan bagi pasukan kita," kata Biden, dilansir Today Online.

"Kami saat ini sedang dalam proses untuk menyelesaikan (evakuasi) pada 31 Agustus," imbuhnya.

Washington dan sekutunya telah menerbangkan ribuan orang Afghanistan seperti itu setiap hari dengan transportasi militer raksasa, tetapi itu telah menjadi tugas yang semakin sulit dan putus asa.

Banyak orang Afghanistan takut akan terulangnya rezim brutal Taliban selama lima tahun yang digulingkan pada tahun 2001, dan pembalasan yang kejam karena bekerja dengan militer asing, misi Barat dan pemerintah sebelumnya yang didukung AS.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews