Taliban Berkuasa, Belasan Ribu Warga Tinggalkan Afghanistan

Taliban Berkuasa, Belasan Ribu Warga Tinggalkan Afghanistan

ilustrasi. Petempur Taliban berpatroli di Afghanistan usai mengambil alih kekuasaan (dok. AP Photo/Rahmat Gul)

Kabul, Batamnews - Pengambilalihan kekuasaan Afghanistan oleh Taliban membuat banyak warga lokal dan asing meninggalkan negara tersebut. Banyak alasan yang membuat warga negara itu pilih angkat kaki.

Seorang pejabat NATO mengatakan, sekitar 12 ribu warga negara asing dan warga lokal yang bekerja untuk kedutaan besar dan kelompok internasional telah dievakuasi dari Afghanistan sejak gerilyawan Taliban menduduki ibu kota Kabul.

"Proses evakuasi lambat karena berisiko. Kami tidak ingin bentrokan dalam bentuk apapun dengan anggota Taliban atau warga sipil di luar bandara," kata pejabat yang enggan disebutkan namanya, seperti dikutip Reuters, Sabtu (21/8/2021).

Beberapa negara diketahui telah berjuang untuk mempercepat proses evakuasi di tengah kekacauan dan laporan kekerasan Taliban.

Baca juga: Taliban Berkuasa, IMF Setop Bantuan untuk Afghanistan

Sementara, Taliban bertanggung jawab atas kekacauan di bandara. Kekacauan terjadi karena ribuan orang yang putus asa untuk melarikan diri.

Pejabat NATO dan Taliban mengatakan terdapat 12 orang yang tewas di dalam dan sekitar bandara. Taliban membawa senjata di sekitar bandara dan mendesak warga yang tak memiliki dokumen perjalanan untuk pulang.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah juga telah mengevakuasi 26 warga negara Indonesia dari Afghanistan di tengah peningkatan ketidakpastian setelah Taliban menduduki Istana Kepresidenan.

"Alhamdulillah, pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan, dengan pesawat TNI AU," ujar Retno.

Retno mengatakan bahwa saat ini, pesawat TNI AU yang mengangkut WNI itu sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews