Indonesia Pindahkan Operasional KBRI Kabul ke Pakistan

Indonesia Pindahkan Operasional KBRI Kabul ke Pakistan

Kantor KBRI di Kabul, Afghanistan. (Foto: Kemlu.go.id)

Jakarta - Kementerian Luar Negeri memutuskan memindahkan operasional KBRI Kabul di Afghanistan ke ibu kota Pakistan, Islamabad, mulai Sabtu (21/8/2021).

Menlu Retno Marsudi menyampaikan keputusan pemindahan operasional KBRI Kabul ini menyusul memburuknya kondisi Afghanistan usai dikuasai Taliban.

Retno mengatakan, awalnya operasional KBRI Kabul tetap akan dilakukan di Afghanistan meski negara itu sudah dikuasai Taliban. Namun, rencana diubah karena kondisi Afghanistan yang dinamis.

"Semula kita merencanakan untuk tetap melakukan misi KBRI Kabul dengan tim kecil atau tim esensial yang terbatas," ucap Retno lewat konferensi pers virtual dari Bandara Halim Perdanakusuma.

"Namun demikian di saat-saat terakhir proses evakuasi terjadi perkembangan baru, dan untuk sementara operasi KBRI Kabul dilakukan dari Islamabad," sambung dia.

Ia memastikan, operasional KBRI Kabul di Islamabad hanya akan dilakukan tim kecil terdiri dari diplomat dan staf.

"Satu Kuasa Usaha Sementara, dan tiga home staff akan menjalankan misi Kabul dari Islamabad. Tim kecil ini akan terus melakukan asesmen situasi Afghanistan setiap hari dan menentukan langkah selanjutnya," tegas Retno.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews