Bhakti untuk NKRI, Garda Pemuda NasDem Kepri Gelar Donor Plasma Konvalesen

Bhakti untuk NKRI, Garda Pemuda NasDem Kepri Gelar Donor Plasma Konvalesen

Pemuda Siaga Pandemi (PSP) DPW Garda Pemuda NasDem Kepulauan Riau (Kepri), menggelar donor darah dan donor plasma konvalesen.

Batam, Batamnews - Pemuda Siaga Pandemi (PSP) DPW Garda Pemuda NasDem Kepulauan Riau (Kepri), menggelar donor darah dan donor plasma konvalesen. Rangkaian program yang dinamai PSP "Berderma" (Bersama Donor Plasma) tersebut dilakukan sejak tanggal 2-18 Agustus 2021.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan sempena HUT Garda Pemuda NasDem ke-10.

Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Kepri, Allib Murniman mengatakan, program tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Garda Pemuda NasDem kepada sesama, di tengah keprihatinan pandemi Covid-19.

Baca: Tiba di Karimun, 164 Penumpang KM Kelud di Tes Antigen

"Program PSP Berderma ini secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia," kata dia.

Melalui program donor plasma konvalesen dan donor darah ini, ia mengajak semua masyarakat, tanpa membedakan suku, agama, ras maupun warna bajunya, menjelang HUT RI ini bisa memberikan bhakti kepada bangsa dan negara.

"Di tengah keprihatinan pandemi Covid-19 ini, mari kita berbuat sekecil apa pun, yang bermanfaat dan dapat menolong sesama," ajak Allib.

Pihaknya juga sudah membentuk Satgas PSP Berderma tingkat provinsi untuk menjalankan misi kemanusiaan tersebut. Satgas bertugas melakukan sosialisasi berikut mencari calon pendonor baik plasma konvalesen maupun donor darah, untuk kemudian diarahkan melakukan donor di Kantor PMI Kota Batam.

 

Untuk donor plasma, dapat dilakukan oleh penyintas Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dengan bukti PCR negatif minimal 14 hari. Baru lah setelah itu bisa menyumbangkan plasma konvalesen nya untuk membantu mempercepat kesembuhan masyarakat yang terpapar Covid-19.

"Siapa saja yang  berusia 18-60 tahun dan sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, kami mengajak, mari bantu saudara kita yang tengah berjuang antara hidup dan mati karena Covid-19, dengan mendonorkan plasma konvalesen. Dan bagi masyarakat yang lain, juga dapat mendonorkan darah untuk membantu PMI karena permintaan yang tinggi," ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi, pihaknya akan memberikan sertifikat dan bingkisan baik kepada pendonor plasma konvalesen maupun pendonor darah biasa.

Baca: Upacara Kemerdekaan RI di Batam Disiarkan Online

"Hanya sebagai tanda mata, sebagai rasa penghargaan dari kami atas kepedulian dan kerelaan pendonor yang rela hati berbuat dan bermanfaat bagi sesama. Karena bagi kami, mereka para pendonor adalah pahlawan di masa pandemi ini," tutur Allib.

Sementara itu, Ketua Satgas Berderma DPW Garda Pemuda NasDem Kepri, Brian S Lasse menambahkan, bagi masyarakat yang ingin donor, dapat menghubungi Satgas PSP Berderma maupun datang langsung ke Kantor PMI Kota Batam.

"Kami tidak membatasi jumlah peserta donor. Terbuka bagi siapa saja. Senin (16/8/2021) besok silakan datang ke Kantor PMI. Terakhir program ini sampai hari Rabu tanggal 18 Agustus malam," ungkap Brian.

Brian memberikan apresiasi kepada PMI Kota Batam dan para tenaga kesehatannya yang tak kenal lelah bekerjasama dengan baik, memberikan edukasi hingga membantu suksesnya program PSP Berderma tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews